KONSEP SABAR DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA (KAJIAN BUKU SABAR DAN SYUKUR KARYA IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH)

HERI STIONO, NIM. 09410282 (2015) KONSEP SABAR DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA (KAJIAN BUKU SABAR DAN SYUKUR KARYA IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP SABAR DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA (KAJIAN BUKU SABAR DAN SYUKUR KARYA IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH))
09410282_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP SABAR DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA (KAJIAN BUKU SABAR DAN SYUKUR KARYA IBNUL QAYYIM AL-JAUZIYAH))
09410282_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

HERI STIONO. Konsep Sabar Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga (Kajian Buku Sabar dan Syukur Karya Ibnul Qayyim al-Jauziyah). Yogyakarta: jusuran Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Sabar adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam pendidikan sekolah (formal), maupun pendidikan dalam keluarga. Sabar membutuhkan proses dan sikap mental tertentu yang efektif jika diajarkan di tengah keluarga. Oleh karena itu sangat penting meneliti aktualisasi konsep sabar di tengah keluarga. Salah satu ulama yang mengkaji sabar adalah ibnul Qayyim. Banyak karya dan tulisan Ibnul Qayyim yang memperbincangkan masalah kesabaran, diantaranya adalah bukunya yang berjudul ; ‘Iddah Al Shabirin wa dzakirah al Syakirin. Buku tersebut berisi tentang konsepsi Ibnul Qayyim tentang sabar dan syukur. Penelitian ini akan difokuskan pada penelaahan buku tersebut, dan dibandingkan dengan konsepsi sabar, menurut Ibnul Qayyim yang tersebar dalam berbagai karyanya yang lain. Hal-hal yang perlu diteliti di sini adalah, bagaimana konsep sabar itu sendiri menurut Ibnul Qayyim dengan detail dan jelas, dan juga bagaimana aktualisasinya sebuah konsep sabar tersebut di tengah keluarga. Penelitian ini adalah penelitian pustaka, dimana meneliti dengan menelaah karya-karya Ibnul Qayyim, lewat kajian kepustakaan. Penelitian ini memakai metode deskripsi dan analisis. Yaitu mengkaji karya-karya Ibnul Qayyim tentang kesabaran, melakukan pendeskripsian konsepsinya, kemudian dianalisis atau diuraikan dan diperbandingkan dengan konsep kesabaran sebagaimana pengertian konvensional, maupun pemikiran ulama lainnya tentang kesabaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Sabar menurut Ibnul Qayyim mencakup kesabaran dalam menahan dan mencegah hawa nafsu yang membawa manusia pada kemaksiatan. Dan kesabaran dalam menaati hukum-hukum Allah, serta sabar dalam menghadapi cobaan hidup. 2. Aktualisasi konsep sabar dari Ibnul Qayyim ini jelas berbeda dengan aktualisasi kesabaran sebagaimana sabar dalam pengertian umum. Karena aktualisasi kesabaran ini mempunyai ruang lingkup yang sangat besar, sebesar ruang lingkup ibadah itu sendiri. bahwa hawa nafsu, termasuk harta dan kasih sayang yang ditujukan selain kepada Allah, maka berarti hal tersebut ditujukan kepada hawa nafsunya sendiri. Menurut Ibnul Qayyim hal tersebut harus dicegah dengan cara memutuskan segera potensi keluarga yang dapat menyebabkan kuatnya hawa nafsu duniawiyah, dengan cara mengajak berdakwah, dan keluarga adalah saluran utama untuk berdakwah kepada ketaatan kepada Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:17
Last Modified: 25 Jan 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum