PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

NUR ISMA FAROKHI, NIM. 11340082 (2015) PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEBUMEN : KAJIAN LAPORAN PENGADUAN TAHUN 2014 DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)
BAB II, III, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan maysrakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pemerintah memberikan pelayanan publik berupa perusahaan air minum (PAM/PDAM) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di daerah tingkat II kabupaten/kota. PDAM Tirta Bumi Sentosa adalah perusahaan daerah Kabupaten Kebumen yang memberikan layanan jasa air bagi masyarakat Kebumen. Konsumen sering merasa haknya dilanggar oleh pelaku usaha, tidak terkecuali dalam pelayanan jasa air. Berbagai macam laporan aduan atau keluhan pelanggan seperti air keruh atau berbau, pipa dinas bocor, air tidak mengalir, pipa persil bocor, stop kran rusak, dan pindah rangkaian meter adalah laporan yang diadukan pelanggan atau konsumen pada tahun 2014. Dimana dalam hal ini pelanggan memiliki hak yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam penyusunan penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan Yuridis-Normatif dalam artian, suatu masalah dipandang berdasarkan sisi hukum kemudian dikaitkan dengan norma yang berlaku. Metode yang digunakan penyusun ialah deskriptif analitik dalam penelitian ini. Metode tersebut diperoleh melalui data-data yang bersumber pada hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka serta sumber-sumber lain yang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian penyusun. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap pelanggan di PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen tetapi dalam praktiknya belum berjalan optimal. PDAM Tirta Bumi Sentosa selalu berupaya untuk memberikan perlindungan kepada pelanggan dengan cara melaksanakan kewajibannya dan memenuhi hak-hak dari pelanggan serta memberikan informasi yang jelas terhadap pelanggan guna menjaga kepercayaan dari pelanggan. Selain itu PDAM Tirta Bumi Sentosa telah memberikan pelayanan yang baik dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan aduan dan keluhan terhadap pelanggan. Salah satu bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan dalam menyelesaikan aduan dan keluhan pelanggan adalah dengan cara kekeluargaan untuk mencari solusi agar kepentingan kedua belah pihak terpenuhi. Selain itu, PDAM Tirta Bumi Sentosa selalu berusaha untuk menjaga kepecayaan pelanggan agar pelanggan merasa nyaman dan berupaya untuk menjamin bahwa pelayanan yang diberikan memenuhi hak-hak pelanggan. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Pertanggungjawaban, PDAM Tirta Bumi Sentosa, Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum. 2. Iswantoro, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pertanggungjawaban, PDAM Tirta Bumi Sentosa, Air.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jan 2016 08:12
Last Modified: 26 Jan 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum