PRIBUMISASI AJARAN ISLAM DALAM SULUK WUJIL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN SUNAN BONANG)

TEGUH SANTOSO, NIM. 10410136 (2015) PRIBUMISASI AJARAN ISLAM DALAM SULUK WUJIL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN SUNAN BONANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRIBUMISASI AJARAN ISLAM DALAM SULUK WUJIL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN SUNAN BONANG))
10410136_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PRIBUMISASI AJARAN ISLAM DALAM SULUK WUJIL DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN SUNAN BONANG))
10410136_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)

Abstract

TEGUH SANTOSO. Pribumisasi Ajaran Islam dalam Suluk Wujil dan Relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam (telaah atas pemikiran Sunan Bonang). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah agama Islam berkembang di pulau Jawa atas peran Walisongo dengan melalui budaya. Selama perjalanan tersebut, banyak hal yang menarik untuk di cermati. Antara lain terjadinya dialog budaya antara budaya asli Jawa dengan budaya Islam yang datang membawa berbagai nilai dan merasuk ke dalam budaya Jawa. Salah satu pendekatan yang dilakukan Walisongo adalah dengan mengajarkan ajaran Islam melalui tembang Jawa yaitu Suluk. Sunan Bonang adalah salah seorang Walisongo yang mengajarkan ajaran Islam lewat Suluk, dengan karyanya Suluk Wujil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pribumisasi ajaran Islam dalam Suluk Wujil, apa saja nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam Suluk Wujil dan bagaimana relevansi ajaran Suluk Wujil dalam Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk menggali kearifan Sunan Bonang dalam Suluk Wujil dan menggali nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung di dalamnya untuk diterapkan dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan fokus meneliti dokumen-dokumen tentang Suluk Wujil menggunakan buku-buku yang relevan. Penelitian ini menggunakan teori indigenisasi yang dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana cara dalam mempribumisasi ajaran Islam dan menggunakan pendekatan filosofis-historis untuk menggali nilai-nilai ajaran Islam dalam Suluk Wujil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pribumisasi yang dilakukan dalam Suluk Wujil ada 5 cara: melalui tulisan, melalui bahasa, melalui sastra, melalui tamsil, dan melalui simbol. (2) Nilai-nilai yang ada di dalam Suluk Wujil adalah perintah shalat, azzam (kemauan), niat, muhasabah (instrospeksi), akhlakuk karimah (sopan santun), mujahadatun nafs (pengendalian hawa nafsu) dan tawadhu’. (3) Relevansi ajaran Suluk Wujil dalam pendidikan agama Islam adalah pembelajaran konstruktivisme, mawas diri, keteladanan, pendekatan budaya dan pendekatan intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino M.Ag
Uncontrolled Keywords: pribumisasi, Suluk Wujil, nilai-nilai ajaran Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 13:58
Last Modified: 26 Jan 2016 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum