INOVASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS INTEGRATING SCIENCE AND MORALITY SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL

NUURUL HIDAYAH, NIM. 11410015 (2015) INOVASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS INTEGRATING SCIENCE AND MORALITY SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS INTEGRATING SCIENCE AND MORALITY SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL)
11410015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INOVASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS INTEGRATING SCIENCE AND MORALITY SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL)
11410015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUURUL HIDAYAH. Inovasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Integrating Science And Morality Siswa Kelas V SD Unggulan Muhammadiyah Kretek, Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini didasari atas kenyataan bahwa masih rendahnya akhlak siswa dengan diseimbangi oleh ilmu pengetahuan/ ilmu umum dan juga beragam strategi maupun metode yang dilakukan guru dalam inovasi pembelajaran akhlak. Penelitian ini menanyakan bagaimana konsep inovasi pembelajaran akhlak berbasis integrating science and morality, bagaimana pelaksanaan dan hasil inovasi pembelajaran akhlak berbasis integrating science and morality, dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung inovasi pembelajaran akhlak berbasis integrating science and morality siswa kelas V SD Unggulan Muhammadiyah Kretek, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SD Unggulan Muhammadiyah Kretek, Bantul. Subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam (Akhlak) kelas V, sementara obyek penelitian yaitu proses pembelajaran di kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, yaitu menggabungkan beberapa metode untuk mencari sumber data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) konsep inovasi pembelajaran akhlak adalah konsep inovasi pembelajaran akhlak berbasis integrating science and morality adalah sebuah konsep tentang pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) khususnya pembelajaran akhlak yang dipadukan dengan ilmu umum dengan ilmu agama. Konsep inovasi pembelajaran akhlak yang adalah mengenai pengembangan materi. (2) pelaksanaan yang dilaksanakan menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan sosiodrama, hasilnya adalah dengan cara melihat ulangan harian dengan hasil yang dianggap cukup dengan nilai rata-rata 87. (3) adapun faktor penghambatnya adalah guru, sarana prasarana, siswa, dan lingkungan serta faktor pendukungnya adalah semangat siswa, jumlah siswa, guru lain, adanya kepercayaan antara pihak sekolah dan orang tua siswa, adanya evaluasi, dan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pembelajaran Akhlak, Integrating Science And Morality.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 14:00
Last Modified: 26 Jan 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum