PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN REMAJA BERMASALAH HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG

DEWI ROBI’ATUL ADAWIYAH, NIM. 11410053 (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN REMAJA BERMASALAH HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN REMAJA BERMASALAH HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG)
11410053_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN REMAJA BERMASALAH HUKUM DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA MAGELANG)
11410053_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

DEWI ROBI’ATUL ADAWIYAH. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Remaja Bermasalah Hukum di Panti Sosial Marsudi Putra Antasena Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah kenakalan remaja yang sering terjadi belakangan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah pengaruh negatif dari pergaulan, latar belakang keluarga, faktor kepribadian remaja tersebut dan kurangnya pendidikan agama. Agama merupakan bagian yang penting dalam jiwa remaja karena dapat mengendalikan tingkah laku anak yang beranjak pada usia remaja. Tidak adanya moral atau agama sering dianggap sebagai penyebab meningkatnya kenakalan remaja di kalangan masyarakat. Maka pendidikan agama merupakan alat pembinaan yang sangat ampuh bagi remaja. Agama yang tertanam dan tumbuh secara wajar dalam jiwa remaja itu akan dapat digunakannya untuk mengendalikan keinginan dan dorongan yang kurang baik serta membantunya dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis bagaimana pelaksanaan PAI dalam membentuk kepribadian remaja bermasalah hukum serta hasil dari pelaksanaan PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar PSMP Antasena Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan kuesioner/ angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan PAI dalam membentuk kepribadian remaja bermasalah hukum di PSMP Antasena terdiri dari pembinaan klasikal yang meliputi pembinaan aqidah, ibadah serta pembinaan akhlak dan pembinaan non klasikal yang meliputi bimbingan sholat, pendalaman Al-Qur’an dan pembinaan rasa kedekatan pada Allah. 2) Dengan serangkaian kegiatan bimbingan keagamaan dan penerapan metode ceramah, tanya jawab, pembiasaan serta keteladanan maka pribadi remaja telah terarah menjadi lebih baik. Pada aspek ibadah mahdhah; rutin melaksanakan sholat wajib lima waktu serta sholat Jum’at secara berjama’ah. Kemudian pada aspek ibadah ghairu mahdhah; mampu mematuhi nasehat orang lain/ orang yang lebih tua, mempunyai sifat yang lebih penyabar, menghindari keluyuran, menghindari kebiasaan mencuri, menghindari minum-minuman keras, menghargai satu sama lain antar sesama manusia, selalu menaati peraturan, memiliki jiwa yang lebih tenang serta perilakunya lebih terkontrol menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 14:02
Last Modified: 26 Jan 2016 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum