ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

DASIMAH, NIM. 11410057 (2015) ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410057_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11410057_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DASIMAH. Analisis Penerapan Konsep Kecerdasan Linguistik Melalui Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI di banyak sekolah masih menggunakan metode yang tradisional. Penerapan kecerdasan linguistik dalam PAI belum begitu dikembangkan. Padahal seharusnya untuk mencapai tujuan PAI itu dibutuhkan proses yang memanfaatkan kecerdasan linguistik, antara lain yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang bervariasi yang memanfaatkan kecerdasan linguistik, sehingga peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah cara menerapkan konsep kecerdasan linguistik melalui model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan konsep kecerdasan linguistik melalui model discovery learning dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Yogyakarta serta mengetahui motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dua jenis, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan konsep kecerdasan linguistik dalam pembelajaran PAI menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-langkah pembelajaran discovery learning. Konsep kecerdasan linguistik sudah diterapkan pada tahap Stimulation melalui aktivitas Immersion, Problem statement melalui aktivitas Approximination, Data collection melalui aktivitas Immersion dan Responsiblity, Data processing melalui aktivitas Employment, Verification melalui aktivitas Immersion dan Approximination, dan Generalization melalui aktivitas Responsibility. (2) Dengan adanya penerapan konsep kecerdasan linguistik dalam pembelajaran PAI ini mampu meningkatkan motivasi peserta didik di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media pembelajaran yang memadai mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Rasa percaya diri peserta didik juga dinilai semakin meningkat karena mereka diberi kebebasan oleh guru untuk menemukan konsep dari sebuah materi melalui model pembelajaran berbasis penemuan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Linguistik, Discovery Learning, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 14:03
Last Modified: 26 Jan 2016 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum