PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU MENDIDIK KARAKTER DENGAN KARAKTER KARYA IDA S WIDAYANTI)

SUBRANTAS, NIM: 08470034 (2015) PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU MENDIDIK KARAKTER DENGAN KARAKTER KARYA IDA S WIDAYANTI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU MENDIDIK KARAKTER DENGAN KARAKTER KARYA IDA S WIDAYANTI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU MENDIDIK KARAKTER DENGAN KARAKTER KARYA IDA S WIDAYANTI))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini pendidikan agama Islam tidak hanya sarat dengan unsur religiusitas dan spiritualitas saja, tetapi juga sarat dengan pendidikan tentang aktifitas sehari-hari, baik yang berhubungan dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Pentingnya pendidikan karakter yang baik dari pendidik yaitu orangtua dan guru yang dapat dijadikan tauladan bagi anak. Hal inilah yang disampaikan dalam buku mendidik karakter dengan karakter. Bagaimana mungkin kita bisa mendidik anak jujur jika kita tidak memiliki kejujuran, mana mungkin kita menghasilkan anak yang disiplin jika kita sering lalai waktu. Sebagai pendidik harus mempersiapkan diri dan mempersiapkan generasi muda yang berkarakter. Sehingga tujuan dari penelitain ini adalah: (1) menjelaskan peran pendidik dalam membentuk karakter anak menurut Ida S Widayanti; (2) mengetahui kompetensi yang perlu dimiliki seorang pendidik dalam membentuk karakter anak; (3) implementasi pembentukan karakter anak dalam pendidikan islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dan pendekatan pedagogis. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Adapun data dalam penelitian ini yaitu data primer yang bersumber dari buku Mendidik Karakter dengan Karakter Karya Ida S Widayanti dan dokumen email dari Ida S Widayanti, serta data sekunder berupa buku atau dokumen lain yang dapat melengkapi data penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis isi (content analysis), menitikberatkan pada bagaimana memperoleh keterangan dari sekian banyak sumber, kemudian akan dianalisis dan hasilnya dibuat kesimpulan-kesimpulan, dari analisis tersebut maka peneiti akan mendapatkan jawaban dari rumusan masalah yang penulis teliti. Hasil penelitian ini adalah: (1) peran penting pendidik dalam membentuk karakter anak, yaitu : (a) orangtua sebagai pendidik pertama dalam keluarga: (b) menjadi panutan positif bagi anak: (c) menciptakan suasanan hangat dan tentram; (2) kompetensi yang harus dimiliki pendidik dalam membentuk karakter anak menurut Ida S Widayanti adalah kepribadian, sosial dan pedagogik; (3) dalam implementasinya ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan terutama dalam keluarga, yaitu, pola interaksi antar anggota keluraga dan pola asuh orangtua, serta nilai-nilai karakter yang mencakup, religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, tanggung jawab, peduli sosial. Kata kunci: Peran pendidik, Karakter, Anak, Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran pendidik, Karakter, Anak, Pendidikan Islam.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:23
Last Modified: 28 Jan 2016 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19100

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum