PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DAN HUMANIS DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL SISWA DI SMA PESANTREN AL-IN’AM SUMENEP JAWA TIMUR

SAIFULLAH, NIM. 08470101 (2015) PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DAN HUMANIS DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL SISWA DI SMA PESANTREN AL-IN’AM SUMENEP JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DAN HUMANIS DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL SISWA DI SMA PESANTREN AL-IN’AM SUMENEP JAWA TIMUR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DAN HUMANIS DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SOSIAL SISWA DI SMA PESANTREN AL-IN’AM SUMENEP JAWA TIMUR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyak guru menghabiskan jam belajar dengan berceramah di depan siswa tapi tidak memberi efek perubahan tingkah laku kepada siswa. Seringkali guru tidak menyadari hal tersebut. Jika ada siswa yang tidak mampu menjawab soal, dengan cepat guru memberi label siswa kurang belajar, tidak memperhatikan guru, dan pelabelan-pelabelan negatif lainnya. Parahnya lagi, terkadang guru melakukan kekerasan yang menyakiti fisik dan psikologis siswa, seperti menghina dan memukul. Pembelajaran tanpa kekerasan harus digalakkan ditengah merebaknya praktik kekerasan yang diaktori guru. Pendidikan seyogiyanya direkonstruksi pada ranah pembelajaran yang demokratis dan humanis. SMA Pesantren Al-In’am menerapkan pembelajaran yang demokratis dan humanis Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pembelajaran demokratis dan humanis dalam mengembangkan potensi sosial siswa di SMA Pesantren Al-In’am Sumenep Jawa Timur? Bagaimana Implikasi pembelajaran demokratis dan humanis pada perkembangan potensi sosial siswa di SMA Pesantren Al-In’am Sumenep Jawa Timur? Apa fakor pendukung dan penghambat pengimplementasian pembelajaran demokratis dan humanis dalam mengembangkan potensi sosial siswa di SMA Pesantren Al-In’am Sumenep Jawa Timur? Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah melalui proses reduksi data yang meliputi transcribing, coding/labelling, grouping, comparing dan contrasting, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitataif. Implementasi pembelajaran yang demokratis dan humanis di SMA Pesantren Al-In’am termasuk strategi pembelajaran active learning, cooperative learning dan contectual teaching learning. Siswa di dalam kelas berpartisipasi aktif. Di luar kelas siswa dilibatkan dalam kegiatan sosial, seperti penggalangan dana, Masa Khidmah Khatimul Ummah (MK2U)/pengabdian masyarakat dan pengumpulan zakat fitrah. Pembelajaran yang demokratis dan humanis berimplikasi pada potensi sosial siswa. Di dalam kelas siswa mampu bekerja sama dan saling menghargai. Di luar kelas siswa terlibat aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Faktor yang mendukung pembelajaran demokratis dan humanis adalah motivasi kuat dari kepalasa sekolah, guru mayoritas lulusan S1, guru mau menekuni strategi pembelajaran, adanya koordinasi antar guru setiap bulan, motivasi belajar siswa dan kegiatan-kegiatan sosial. Adapun faktor yang menghambat adalah guru yang tidak mengikuti kegiatan sosial, guru tidak dapat memanej waktu pembelajaran, media pembelajaran rusak dan adanya siswa yang belum memahami pentingnya potensi sosial. Kata Kunci: pembelajaran, demokratis, humanis, perkembangan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, demokratis, humanis, perkembangan sosial.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:41
Last Modified: 28 Jan 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum