PERAN PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SANTRI

ANIK BUDIANI, NIM. 11410098 (2015) PERAN PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SANTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SANTRI)
11410098_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SANTRI)
11410098_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

ANIK BUDIANI. Peran Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta dalam Membina Perilaku Sosial Santri. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Perilaku sosial pada santri di pondok tersebut yang masih sering bermasalah adalah mengenai sifat atau karakter santri yang berbeda-beda. Ada yang sudah bersifat dewasa, mandiri, ramah, tetapi disamping itu juga masih ada santri yang masih bersifat manja, belum dewasa, labil, dan lain-lain. Selain itu juga ada permasalahan mengenai perbedaanya daerah asal, bahasa, yang membuat anak terkadang masih membeda-bedakan mereka untuk memilih teman. Kemudian bagaimana peran dan metode yang dilakukan pondok pesantren Al-Fadhilah dalam membina perilaku sosial. Di dalam peran dan metode pondok pesantren tersebut terdapat aktivitas-aktivitas yang kiranya mampu untuk membina perilaku sosial santri. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri, Bagaimana metode Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat di Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang peran Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri, untuk memperoleh pengetahuan tentang metode Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri, untuk memperoleh pengetahuan faktor pendukung dan penghambat dalam Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo Depok Sleman dalam membina perilaku sosial santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Analisis yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diverifikasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran yang dilakukan Pondok Pesantren Al-Fadhilah dalam membina perilaku sosial santri antara lain:Sebagai pusat transmisi ilmu-ilmu islam tradisional, Sebagai penjaga dan pemelihara keberlangsungan islam tradisional, Sebagai pusat reproduksi ulama. (2) Bentuk-bentuk perilaku sosial dalam membina perilaku sosial yang ada di pondok pesantren al-fadhilah, meliputi; kerjasama, kemurahan hati, tenggang rasa, simpati, ketergantungan, meniru, dan perilaku kelekatan. (3) Metode yang digunakan dalam membina perilaku sosial santri yaitu: metode pembiasaan, metode keteladanan, metode dialog dan nasehat, metode pengajaran, Metode pemberian penghargaan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs, Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Pondok Pesantren, Perilaku Sosial Santri, metode Pembinaan Perilaku Sosial Santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:47
Last Modified: 28 Jan 2016 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum