STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

LIANA NABILA, NIM. 11410110 (2015) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
11410110_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
11410110_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

LIANA NABILA. Strategi Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dikalangan pelajar kini banyak terjadi dekandansi moral yang menggejala di masyarakat karena kurang terbentuknya karakter pelajar tersebut. SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta salah satu lembaga pendidikan yang mengutamakan disiplin dan tanggungjawab bagi peserta didiknya agar menjadi pribadi yang mantap dalam berkarakter dengan strategi yang dilakukan oleh sekolah melalui metode, pendekatan dan kegiatan sekolah dalam rangka pembinaan karakter disiplin dan tanggungjawab untuk meningkatkan akhlak mulia siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil pembinaan karakter disiplin dan tanggungjawab dalam meningkatkan akhlak mulia siswa kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan data, analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diversifikasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi pembinaan karakter disiplin dan tanggungjawab siswa kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto adalah dengan strategi semi militer menerapkan Metode Hukuman yang di sekolah diistilahkan pembinaan meliputi pembinaan fisik dan mental; Metode Pengajaran; Metode Pemberian Ganjaran; Metode Inkulkasi Nilai; Metode Nasehat; Metode Keteladanan Nilai; Metode Fasilitasi meliputi anecdote record oleh guru BK dan absensi; Metode Pengembangan Ketrampilan Akademik dan Sosial. Metode-metode diatas dilakukan dengan pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, dan pendekatan edukatif secara keseluruhan juga didukung oleh kegiatan-kegiatan sekolah. (2) Hasil pelaksanaan strategi pembinaan karakter disiplin tanggungjawab kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta adalah semakin meningkatkan akhlak mulia siswa kelas XI dalam bentuk rasa hormat kepada, rasa menghargai kepada sesama, jujur, amanah, sopan santun, pemaaf, berbuat baik terhadap sesama, kerja keras, dan tentunya menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggungjawab kepada siapapun dan dimanapun. Ini menunjukkan adanya keberhasilan bagi sekolah dalam rangka pembinaan karakter disiplin dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembinaan Karakter, Disiplin, Tanggung jawab, Akhlak Mulia.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:54
Last Modified: 28 Jan 2016 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum