KONSEP TA’DIB DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN ANAK ASUH TERHADAP TEMAN SEBAYA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ‘AISYIYAH NGAWEN KLATEN

GALUH MIFTAH FADILAH, NIM. 11410124 (2015) KONSEP TA’DIB DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN ANAK ASUH TERHADAP TEMAN SEBAYA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ‘AISYIYAH NGAWEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TA’DIB DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN ANAK ASUH TERHADAP TEMAN SEBAYA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ‘AISYIYAH NGAWEN KLATEN)
11410124_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TA’DIB DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN ANAK ASUH TERHADAP TEMAN SEBAYA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ‘AISYIYAH NGAWEN KLATEN)
11410124_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Galuh Miftah Fadilah. Konsep Ta’dib dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Anak Asuh terhadap Teman Sebaya di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Ngawen Klaten 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fajultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep ta’dib dalam pembentukan sikap sopan santun anak asuh terhadap teman sebaya di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Ngawen Klaten yang di dalamnya tercakup makna konsep ta’dib yang terdapat dalam pembentukan sikap sopan santun anak asuh, implementasinya, dan hasil dari implementasi konsep ta’dib tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Subjek dari penelitian ini adalah pengasuh panti asuhan dan para anak asuh. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi,melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Makna konsep ta’dib yang terdapat dalam pembentukan sikap sopan santun anak asuh terhadap teman sebaya adalah pendidikan yang dilaksanakan secara menyeluruh untuk membentuk sikap sopan santun anak agar menjadi muslim yang terdidik secara benar, tegas, cerdas, beriman, dan berakhlak mulia, sehingga berguna bagi agama, masyarakat dan negara. (2) Unsur konsep ta’dib mencakup: materi (budi pekerti), arahan (dengan pendekatan dialogis), dan pembinaan yang baik. (3) Implementasi dari konsep ta’dib tersebut terwujud dalam: tujuan (mengutamakan akhlak terutama sopan santun), kurikulum (bersikap sopan terhadap teman adalah perintah Allah dan tugas manusia sebagai makhluk sosial), metode (berupa teguran, sharing, dan hukuman), media (segala peralatan yang disediakan panti asuhan), lingkungan (panti, masyarakat, dan sekolah). (4) Hasil dari penerapan konsep ta’dib terwujud dalam perilaku para anak asuh yang berkembang pesat yang diungkapkan sendiri oleh anak asuh bahwa komunikasi yang baik adalah yang sopan, menjaga perasaan teman sangat penting, menghindari segala bentuk perselisihan dan perdebatan, dan menyadari bahwa segala aturan panti adalah untuk kebaikan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ta’dib, sopan santun, anak asuh, teman sebaya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:58
Last Modified: 28 Jan 2016 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum