HIKMAH CERITA MUSA AS DAN KHIDIR AS (Studi Analisis Hubungan Guru dan Murid dalam Perspektif Al- Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82)

M. MASRUR FUAD, NIM. 08470120 (2015) HIKMAH CERITA MUSA AS DAN KHIDIR AS (Studi Analisis Hubungan Guru dan Murid dalam Perspektif Al- Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HIKMAH CERITAMUSA AS DAN KHIDIR AS (Studi Analisis Hubungan Guru dan Murid dalam Perspektif Al- Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HIKMAH CERITAMUSA AS DAN KHIDIR AS (Studi Analisis Hubungan Guru dan Murid dalam Perspektif Al- Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa Sebagaimana diketahui bahwa nilai etika pada zaman sekarang sudah makin tidak dipedulikan. Ada kecenderungan seorang murid tidak menghargai gurunya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Barangkali pengaruh kebudayaan luar yang hedonis tersebut menjadi penyebab semuanya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah : (1). Mengetahui tentang hubungan guru murid saat ini; (2). Mengetahui hubungan guru murid dalam surat Al-Kahfi ayat 60 sampai 82; (3). Mengetahui hikmah hubungan guru murid dalam surat Al-Kahfi ayat 60 sampai 82 dan implementasi dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau bisa dikatakan library Research dengan pendekatan deskriptif-analisis. Metode yang digunakan adalah tafsir tahlili hasil penelitian merupakan sudut pandang dari penafsiran atau paradigma yang dianut penafsir mengenai surat Al-Kahfi ayat 60-82. Dalam proses menganalisa dan membahas penelitian ini dengan mengumpulkan bahan referensi yang ada kaitannya dengan judul. Hasil penelitian ini adalah: (1) hubungan guru dan murid: (a) hubungan guru dan murid yang berdasar relasi bapak dan anak (b) hubungan guru-murid yang mendasarkan pada relasi dokter dan pasien; (2) hubungan guru dan murid menurut surat Al-Kahfi ayat 60-82: (a) guru adalah sahabat bagi muridnya (b) mendasarkan pada sifat saling pengertian; (3) hikmah hubungan guru-murid dalam surat al-kahfi ayat 60-82: (a) teguran Allah kepada Musa AS memperingatkan kepada orang yang ber ilmu untuk tidak sombong. (b) Musa AS membulatkan tekan mencari hamba Khidir AS, dan menentukan tujuan, niat yang kuat dan bekal secukupnya (c) kode etik permohonan menjadi murid, untuk menunjukan keseriusan murid menuntut ilmu. merasa bodoh di hadapan guru, untuk menghormati guru (d) sifat tawadhuk, merendah di hadapan guru supaya diberi sebagian dari ilmu guru (e) tidak berfikir untuk mengungguli ilmu gurunya, untuk menjaga ke tawadhuan murid (f) guru melahkukan tes minat bakat murid, untuk mengetahui potensi murid (g) murid harus sabar menghadapi ujian dari gurunya, karna kesabaran akan menentukan keberhasialan dalam menuntut ilmu (h) guru melahkukan kontrak belajar, agar bisa dijadikan hukum dalam proses mengajar (i) guru memperingatkan murid yang salah sesuai kesalahannya (j) cepat memintak maaf, ketika seorang murid bersalah harus cepat memintak maaf pada gurunya dengan memperlihatkan kesungguhanya dalam bertobat (k) melubangi perahu, seharusnya seorang guru berusaha mengajarkan kepada murid-muridnya mengenai bagaimana caranya membantu orang-orang lemah (l) pembunuhan anak yatim, seorang guru harus bisa membunuh karakter buruk muridnya (m) Pembangunan dinding, memberikan kesan bahwa seorang guru hendaknya ikhlas dalam perjuangannya, sehingga ia dapat berbuat adil terhadap muridnya, apapun kedudukan sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nabi Musa, Nabi Khidir
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:00
Last Modified: 28 Jan 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum