KOMPARASI POLA PEMBELAJARAN GURU DAN MEDIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 1994, 2006, DAN 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

ELIS PRACITA UTAMI, NIM. 11410163 (2015) KOMPARASI POLA PEMBELAJARAN GURU DAN MEDIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 1994, 2006, DAN 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI POLA PEMBELAJARAN GURU DAN MEDIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 1994, 2006, DAN 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS)
11410163_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI POLA PEMBELAJARAN GURU DAN MEDIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 1994, 2006, DAN 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS)
11410163_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)

Abstract

Elis Pracita Utami. Judul penelitian ini adalahKomparasi Pola Pembelajaran Guru dan Media Mata Pelajaran Pendidikan Islam dalam Kurikulum 1994, 2006, dan 2013 Pada Sekoah Menengah Atas. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Hingga saat ini pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagaman peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Adanya indikator-indikator kelemahan yang melekat pada pelaksanaan pendidikan agama di sekolah, seperti PAI kurang bisa mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi “makna” dan “nilai” atau kurang mendorong penjiwaan terhadap nilai-nilai keagamaan yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik dan juga kurang dapat berjalan dan bekerja sama dengan program-program pendidikan non-agama. Kurikulum di Indonesia yang telah mengalami banyak sekali perubahan beberapa dekade ini juga menjadikan guru mengalami perubahan dalam proses pembelajaran. Inilah yang menarik untuk ditelaah, yaitu pola pembelajaran guru dalam menyampaikan materi ajar di kelas dan media yang digunakan untuk menunjang penyampaian materi ajar khususnya dalam mata pelajaran PAI pada kurikulum 1994, 2006, dan 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pembelajaran guru dan media mata pelajaran PAI dalam kurikulum 1994, 2006 dan 2013 pada sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (LibraryResearch) karena data yang diperoleh berasal dari khasanah kepustakaan dengan menggunakan studi komparasi. Komparasi dapat dilakukan antara tokoh atau naskah; dapat dilakukan terhadap sistem atau konsep. Sifat penelitian yang dilakukan adalah deskriptifanalisis, yaitu menguraikan secara terstruktur seluruh konsep yang ada relevansinya dengan pembahasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan teknologis. Hasil penelitian menunjukkan (1)pola pembelajaran guru dan media dalam pembelajaran PAI di SMA kurikulum 1994 diimplementasikan dengan GBPP sebagai acuannya, (2) pola pembelajaran guru dan media dalam mata pelajaran PAI di SMA kurikulum 2006 menggunakan alat-alat multimedia berbasis cyber, (3) pola pembelajaran guru dan media dalam mata pelajaran PAI di SMA kurikulum 2013 telah terintegrasi dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajarannya (4) perbedaan pola pembelajaran guru dan media dalam mata pelajaran PAI di SMA kurikulum 1994, 2006, dan 2013 relevan pada kondisi perkembangan zaman pada waktu diselenggarakannya kurikulum tersebut dan dapat ditinjau dari segi ide pokok dan tujuan, standar isi, strategi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:03
Last Modified: 28 Jan 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum