URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA

ERLI PURWANINGSIH, NIM. 08470148 (2015) URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak – anak adalah masa depan kita sendiri. Adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi orangtua, bila memiliki anak – anak yang cerdas. Dengan generasi yang cerdas itu berarti kita telah memberikan masa depan yang cerah bagi mereka. Kecerdasan Spiritual itu sangat penting dalam kehidupan apalagi dalam dunia pendidikan. Namun bila dilihat pada saat sekarang ini orangtua kurang memperhatikan mengenai kecerdasan spiritual (SQ) anaknya, sehungga bila dilihat kenyataan yang terjadi pada saat sekarang ini banyaknya anak-anak yang sukses tetapi dia tidak mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan batin, walaupun ia mendapatkan kebahagiaan tersebut itupun hanya sementara. Permasalahan pokok penelitian ini adalah seberapa penting peran kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Adapun tujuan penulis membuat skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pentingnya kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi guru di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara langsung dengan nara sumber (Kepala sekolah dan Guru kelas) di TK Tunas Melati, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah kegiatan yang ada di TK Islam Tunas Melati sangat signifikan, anak-anak juga sangat antusias sekali mengikutinya, sehingga anak lebih bisa mandiri, mengenali siapa Tuhan mereka, dan saling menjaga kebersamaan kekeluargaan mereka di sekolah. hal ini karena anak sudah terbiasa merekam apa yang di sampaikan guru- guru dengan berbagai teladan yang telah dilakukan di TK tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H, Mangun Budianto M.Si.
Uncontrolled Keywords: Anak, kecerdasan, anak usia dini
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:14
Last Modified: 28 Jan 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum