STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN AL-QABISI

HENDRA SYAPUTRA, NIM: 09470104 (2015) STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN AL-QABISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN AL-QABISI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN AL-QABISI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB)

Abstract

Anak merupakan anugerah Allah yang diberikan kepada kedua orang tua. Orang tua dalam sebuah keluarga wajib mendidik anak agar menjadi baik dalam beragama, intelektual maupun moral. Persoalan degradasi akhlak rentan terjadi pada anak dikarenakan anak belum dapat memfilter dengan baik setiap perkara yang didapatinya dalam pergaulan. Jika anak dalam proses pendewasaannya terbiasa dengan hal yang buruk (jahat) maka sifat buruk tersebut akan sulit dihilangkan sampai-sampai anak kelak menjadi orang dewasa. Dari sini, penelitian ini mengambil kajian komparasi konsep pendidikan anak menurut Ibnu Qayyim dan Al-Qabisi yang mana penting untuk pendidikan akhlak bagi anak untuk diterapkan sedini mungkin. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah konsep pendidikan akhlak bagi anak menurut menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan Al-Qabisi? 2) Bagaimanakah analisis komparatif mengenai persamaan dan perbedaan konsep pendidikan akhlak bagi anak menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan Al-Qabisi? 3) Bagaimanakah penerapan konsep pendidikan akhlak bagi anak tersebut dalam pendidikan keluarga Islam? Hasil penelitian: (1) Konsep pendidikan akhak yang dibangun Ibnu Qayyim bersumber pada Al-Quran dan Sunnah. Pendidik lebih aktif memberikan materi kepada anak didik dan metode menghafal yang lebih dominan diterapkan dalam pembelajaran. Al-Qabisi mendasarkan konsepnya tentang pendidikan akhlak selain pada Al-Quran dan Sunnah juga pada literatur fiqih. Metode yang dipakai adalah anak lebih aktif atau berpusat pada anak didik (student centered) (2) komparasi konsep pendidiakn akhlak bagi anak adalah pentingnya akhlak kepada Allah dan sesama manusia. Alam ranah pembelajaran Ibnu Qayyim cenderung mengarahkan peserta didik dalam pengetahuan berpikir dan bersikap, Al-Qabisi lebih pada pendidikan ankhlak yang terintegrasi pada praktik kehidupan anak sehari-hari. (3) Penerapan konsep pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga Islam meliputi mendidik akhlak tauhid dan moral dengan motode keteladanan dan pembiasaan, metode hukuman diperlukan ketika anak melakukan perbuatan maksiat dan dosa. Kata kunci: Pendidikan anak, Akhlak, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Al-Qabisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak, Akhlak, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Al-Qabisi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:21
Last Modified: 28 Jan 2016 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum