PERAN ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BERORGANISASI DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM

WAENI NURSAYATI, NIM. 11410204 (2015) PERAN ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BERORGANISASI DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BERORGANISASI DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM)
11410204_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BERORGANISASI DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM)
11410204_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

WAENI NURSAYATI. Peran Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Berorganisasi di SMA Muhammadiyah Pakem. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selama ini peran Ismuba dalam pembentukan sikap masih kurang. Sikap tanggung jawab dalam berorganisasi khusunya masih belum diperhatikan. Sehingga masih banyak siswa yang mengikuti organisasi di sekolah yang belum memiliki sikap tanggung jawab terhadap organisasi tersebut. Rumusan masalah yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Ismuba dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab berorganisasi di SMA Muhammadiyah Pakem serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Ismuba dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab berorganisasi di SMA Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah Pakem. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran Ismuba di SMA Muhammadiyah Pakem dilakukan dengan dua bentuk, yakni dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang meliputi materi al-Qur’an Hadits, Aqidah, Akhlak, Ibadah, Tarikh, Kemuhammadiyahan, serta Bahasa Arab dan dalam bentuk kegiatan keIslaman yang meliputi sholat dhuhur berjamaah, kultum setiap habis sholat dhuuhur baik putra maupun putri, khutbah jum’at, ekstrakurikuler CDP, dan membaca al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai. (2) peran Ismuba dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab berorganisasi meliputi membentuk pribadi yang bertanggung jawab, melatih kesadaran siswa dalam berorganisasi, memberikan motivasi kepada siswa untuk bersikap tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakannya. (3) Proses pelaksanaan pembelajaran Ismuba dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab berorganisasi terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Fator pendukung meliputi sarana dan prasarana yang memadai, siswa lebih mudah memahami materi Ismuba, guru yang inovatif. Kemudian faktor penghambat meliputi masih banyak siswa yang belum memiliki komputer atau laptop, masih sedikit guru yang memiliki keterampilan membaca al-Qur’an, dan basic pendidikan agama yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Ismuba, sikap tanggung jawab, berorganisasi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:31
Last Modified: 01 Feb 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum