PERAN KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Kasus Pada PMII, HMI dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga)

SYAEFUDDIN AHROM AL AYUBBI, NIM: 09470163 (2015) PERAN KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Kasus Pada PMII, HMI dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Kasus Pada PMII, HMI dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KADERISASI ORGANISASI EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKANINTERAKSI SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Kasus Pada PMII, HMI dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Organisasi sebagai tempat aktualisasi diri memiliki makna yang penting bagi anggota. Beberapa diantaranya adalah kemampuan berinteraksi dan memupuk karakter kepemimpinan seseorang. Dalam sebuah organisasi terjadi sebuah proses kaderisasi yang digunakan untuk tolok ukur pengembangan organisasi tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk (1) Mengetahui pola kaderisasi PMII, HMI dan KAMII di lingkungan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, (2) mengetahui peran kaderisasi PMII, HMI dan KAMMI dalam meningkatkan interaksi sosial dan kepemimpinan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field reseach). Dalam penentuan objek menggunakan metode informan yang dibagi dalam informan kunci dan informan pendukung. Metode analilis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuallitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Persistent Observation (ketekunan pengamatan) dan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pola kaderisasi organisasi ekstra kampus PMII, HMI, dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga menggunakan agenda rekrutmen, pelatihan, dan diskusi-diskusi, (2) kaderisasi dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, (3) bidikan organisasi ekstra kampus dalam agenda kaderisasi ialah interaksi sosial atau kesadaran sosial dan membentuk karakter serta jiwa kepemimpinan mahasiswa atau kader, (4) masing-masing organisasi ekstra kampus, PMII, HMI dan KAMMI memiliki materi-materi tentang kesadaran sosial (interaksi sosial) dan kepemimpinan yang dirumuskan melalui rapat kerja anggota organisasi, dan (5) agenda kaderisasi organisasi PMII, HMI dan KAMMI berkontribusi dalam upaya mengembangkan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Kata Kunci: Organisasi Ekstra Kampus, Pola Kaderisasi, Interaksi Sosial dan Kepemimpinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Organisasi Ekstra Kampus, Pola Kaderisasi, Interaksi Sosial dan Kepemimpinan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:55
Last Modified: 01 Feb 2016 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum