PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DAN PERANNYA BAGI KINERJA GURU PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN

RENI ANDARI, NIM. 11410219 (2015) PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DAN PERANNYA BAGI KINERJA GURU PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DAN PERANNYA BAGI KINERJA GURU PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
11410219_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DAN PERANNYA BAGI KINERJA GURU PAI DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
11410219_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Reni Andari. Pelaksanaan Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah dan Perannya Bagi Kinerja Guru PAI di SMP Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi dan profesionalisai yang sedang dilakukan dewasa ini, merupakan keniscayaan, dan menuntut pemahaman dari berbagai pihak terhadap perubahan yang terjadi dalam berbagai komponen sisitem pendidikan. Dalam konteks otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan, keberhasilan dan kegagalan pendidikan di sekolah bergantung kepada guru, kepala sekolah dan pengawas. Kepala sekolah berperan penting dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang diputuskan karena akan berdampak pada pencapaian tujuan sekolah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah dan dampaknya bagi kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah, peran kepemimpinan transformatif kepala sekolah bagi kinerja guru PAI, dan hambatan pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah di SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Kalasan. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah SMP Negeri 1 Kalasan adalah baik, hal ini dilihat dari a) kepala sekolah memberi pengaruh yang diidealkan bagi siswa, b) kepala sekolah memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, c) kepala sekolah merangsang intelektual siswa, dan d) kepala sekolah peduli terhadap siswa. 2) Peran pelaksanaan kepemimpinan Transformatif kepala sekolah bagi guru PAI adalah positif hal ini dilihat dari guru PAI a) merencanakan pembelajaran, b) melaksanakan pembelajaran, c) menilai pembelajaran, dan d) membimbing dan melatih siswa baik kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. 3) Hambatan dalam pelaksanaan kepemimpinan transformatif adalah a) belum semua guru memahami visi, misi, dan tujuan sekolah, b) kurang terbiasa dengan hal-hal yang baru, c) banyak siswa dari kalangan mampu, dan d) masih ada orang tua yang kurang respon apabila sekolah memerlukan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:40
Last Modified: 01 Feb 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum