EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL

RETNO DEWI PERTIWI, NIM. 11411023 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
11411023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
11411023_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Retno Dewi Pertiwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 1 Playen Gunungkidul”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berangkat dari banyaknya guru yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran PAI. Selama ini belum pernah ada evaluasi sejauhmana efektivitasnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan manganalisis tentang bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang diterapkan di SMP N 1 Playen. Fokusnya adalah evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model CIPP (context, input, process, dan product) dengan mengevaluasi tipe Group Investigation setiap komponen. Kemudian penentuan efektif tidaknya dengan menganalisis evaluasi keempat komponen tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran dan pemikiran tentang bagaiman efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil latar SMP N 1 Playen kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, inventori/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan secara khusus hasil evaluasi serta efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam mata pelajaran PAI yaitu: 1) Tipe Group Investigation mulai diterapkan semenjak kurikulum 2013 diberlakukan. Materi sejarah atau tarikh cenderung lebih cocok menggunakan tipe Group Investigation. 2) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam mata pelajaran PAI sudah sesuai dengan kriteria-kriteria yang digunakan dalam model CIPP. Dari evaluasi perkomponen, tingkat efektivitas menunjukkan adanya kesesuain antara langkah, rancangan serta proses dan juga tingkat efektivitas juga bisa dilihat dari kesesuain antara apa yang dilakukan dengan indikator yang ditetapkan. Adapun dari hasil angket evaluasi konteks memperoleh skor 1174 atau sebesar 79% dalam kategori efektif. Sementara hasil evaluasi input memperoleh skor 1321 atau sebesar 74% dalam kategori efektif. Untuk hasil evaluasi proses memperoleh skor 2108 atau sebesar 71% dalam kategori efektif. Dan terakhir evaluasi produk memperoleh skor 2710 atau 76% dalam kategori efektif. 3) Secara keseluruhan memperoleh skor 7307 atau sebesar 75% yang menyatakan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas VIII di SMP Negeri 1 Playen dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, tipe Group Investigation, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:48
Last Modified: 01 Feb 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum