KONSEP PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN BERDASARKAN QS. ALI ‘IMRA<N AYAT 159 DAN QS. AN-NAH}L AYAT 125 DAN IMPLEMENTASINYADALAMMETODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISHSHIHAB)

MUHAMMAD INSAN JAUHARI, NIM. 12410019 (2015) KONSEP PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN BERDASARKAN QS. ALI ‘IMRA<N AYAT 159 DAN QS. AN-NAH}L AYAT 125 DAN IMPLEMENTASINYADALAMMETODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISHSHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN BERDASARKAN QS. ALI ‘IMRA<N AYAT 159 DAN QS. AN-NAH}L AYAT 125 DAN IMPLEMENTASINYADALAMMETODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISHSHIHAB))
12410019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN BERDASARKAN QS. ALI ‘IMRA<N AYAT 159 DAN QS. AN-NAH}L AYAT 125 DAN IMPLEMENTASINYADALAMMETODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISHSHIHAB))
12410019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD INSAN JAUHARI. Konsep Pendidikan Anti Kekerasan Berdasarkan QS. Ali ‘Imra>n Ayat 159 dan QS. An-Nah}l Ayat 125 dan Implementasinya dalam Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini, sering terjadi tindakan kekerasan di lembaga pendidikan, seperti sekolah/madrasah. Terdapat beragam kasus yang terjadi dengan latar belakang persoalan yang berbeda, hingga menimbulkan beberapa efek negatif bagi para korban. Sekolah/madrasah seharusnya sebagai tempat bagi anak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran, menemukan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, justru sebagai tempat bagi anak mendapatkan tindakan kekerasan. Pada pendidikan Islam, peserta didik merupakan subyek yang harus dilindungi dan dihargai keberadaannya di lembaga pendidikan sesuai dengan petunjuk yang terdapat di dalam al-Qur’an. Di dalam al-Qur’an terdapat ayat yang menjelaskan konsep pendidikan anti kekerasan yang sangat relevan jika diterapkan dalam lembaga pendidikan. QS. Ali ‘Imra>n ayat 159 dan QS. An-Nah}l ayat 125 memiliki kandungan konsep pendidikan anti kekerasan yang patut untuk digali dan dikembangkan lebih lanjut, karena itu penelitian ini diharapkan dapat menggali konsep pendidikan anti kekerasan yang ada di dalamnya, dan mengimplementasinya dalam metode pengajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptifanalitik dengan menggunakan pendekatan hermeneutika, untuk menangkap makna yang substansial diserta interpretasi dari konsep pendidikan anti kekerasan dalam QS. Ali ‘Imra>n ayat 159 dan QS. An-Nah}l ayat 125. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dengan sumber utama tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Analisis datanya dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, adanya konsep pendidikan anti kekerasan dalam QS. Ali ‘Imra>n ayat 159 dan QS. An-Nah}l ayat 125 menurut tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab yang termanifestasi dalam perintah untuk berperilaku lemah lembut, pemaaf, berdemokrasi serta tawakkal dan menerapkan metode h}ikmah,mau‘iz}ahdan jida>l dalam pelaksanaan pembelajaran. Kedua, implementasinya dalam metode pengajaran pendidikan agama Islam mencakup fungsi dan tugas pendidik untuk bersikap bijaksana dan terbuka serta mengedepankan sikap dialogis dengan menerapkan metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran. Di samping itu, pendidikan agama Islam selalu memberikan ruang bagi pendidik dalam menyelenggarakan proses pembelajaran dengan meniadakan kekerasan sehingga tercipta suasana pendidikan yang aman, kondusif, dan penuh ketenteraman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anti Kekerasan, Metode Pengajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:51
Last Modified: 01 Feb 2016 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum