PENGARUH CONFLICT OF INTEREST, KARAKTERISTIK PROYEK, DAN KARAKTERISTIK MUḌARIB TERHADAP AGENCY PROBLEM DALAM KONTRAK PEMBIAYAAN MUḌARABA PADA BMT DI KOTA YOGYAKARTA

ISTIQOMAH DWI NOVITA SARI, NIM. 11391051 (2015) PENGARUH CONFLICT OF INTEREST, KARAKTERISTIK PROYEK, DAN KARAKTERISTIK MUḌARIB TERHADAP AGENCY PROBLEM DALAM KONTRAK PEMBIAYAAN MUḌARABA PADA BMT DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CONFLICT OF INTEREST, KARAKTERISTIK PROYEK, DAN KARAKTERISTIK MUḌARIB TERHADAP AGENCY PROBLEM DALAM KONTRAK PEMBIAYAAN MUḌARABA PADA BMT DI KOTA YOGYAKARTA)
11391051_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CONFLICT OF INTEREST, KARAKTERISTIK PROYEK, DAN KARAKTERISTIK MUḌARIB TERHADAP AGENCY PROBLEM DALAM KONTRAK PEMBIAYAAN MUḌARABA PADA BMT DI KOTA YOGYAKARTA)
11391051_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sistem bagi hasil merupakan produk inti bagi lembaga keuangan Islam, seperti BMT. Namun namun porsi pembiayaan murabahah dengan konsep jual beli sampai saat ini masih merupakan pembiayaan yang dominan. Hal ini terjadi karena pembiayaan muḍaraba sarat dengan risiko, utamanya resiko yang berkaitan dengan masalah keagenan (agency problem). Masalah keagenan yang sering terjadi adalah assymetric information (perbedaan informasi), perbedaan kepentingan (conflict of interest), proses screening karakteristik proyek dan proses screening karakteristik muḍarib. Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh conflict of interest, karakteristik proyek, dan karakteristik muḍarib terhadap agency problem. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), yaitu pengamatan langsung terjun ke lokasi untuk mendapatkan data-data yang relevan dengan penelitian. Sifat penelitian ini bersifat hypothesis testing, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis (kesimpulan sementara) untuk memperoleh hasil penelitian yang sebenarnya tentang agency problem pada BMT di kota Yogyakarta, terutama pada pembiayaan muḍaraba dan selanjutnya menganalisis data berdasarkan hasil yang diperoleh di lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner. Sedangkan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel conflict of interest, karakteristik proyek, dan karakteristik muḍarib mempunyai pengaruh terhadap agency problem. Namun secara parsial hanya karakteristik proyek dan karakteristik muḍarib yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap agency problem. Sedangkan conflict of intetest tidak mempunyai pengaruh terhadap agency problem. Secara bersama-sama conflict of interest, karakteristik proyek, dan karakteristik muḍarib berpengaruh sebesar 83,6% dan secara parsial variabel conflict of intetest memiliki nilai signifikansi sebesar 0,319 >5%, sehingga conflict of intetrest tidak berpengaruh terhadap agency problem. Variabel karakteristik proyek memiliki nilai signifikansi 0,012 < 5%, sehingga disimpulkan bahwa karakteristik proyek berpengaruh secara positif dan terhadap agency problem. Variabel karakteristik muḍarib memiliki nilai signifikansi 0,000 < 5%, sehingga disimpulkan bahwa karakteristik proyek berpengaruh secara positif dan terhadap agency problem pada BMT di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. SYAFIQ MAHMADAH H., M.Ag
Uncontrolled Keywords: conflict of interest, karakteristik proyek, karakteristik muḍarib, agency problem, muḍaraba
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 13:59
Last Modified: 01 Feb 2016 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum