PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH 2010-2013

IDAR MUHAROM ATSAN, NIM. 11391038 (2015) PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH 2010-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH 2010-2013)
11391038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH 2010-2013)
11391038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain yang turut mempengaruhi hubungan kinerja terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi yang diduga ikut memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang masuk Daftar Efek Syariah periode 2010-2013. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 18 perusahaan manufaktur yang masuk dalam Daftar Efek Syariah berturut-turut selama periode 2010-2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri data sekunder berupa laporan tahunan dan keuangan yang dapat diunduh di website masing-masing perusahaan dan juga data dari ICMD, kemudian data disusun pooling. Jumlah data observasi diperoleh sebanyak 72 observasi. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja (ROA), variabel dependen nilai perusahaan (Tobin’s Q), dan kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan instrumen penelitian menggunakan perangkat lunak komputer dengan program SPSS 19. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, ROA, kepemilikan manajerial, interaksi antara ROA dan kepemilikan manajerial, terbukti berpengaruh secara simultan (bersama-sama) secara signifikan terhadap Tobin’s Q. Uji parsial menunjukkan variabel kinerja (ROA) terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan variabel kepemilikan manajerial terbukti berpengaruh negatif signifikan dan mempelemah hubungan antara kinerja terhadap nilai perusahaan. Adapun besarnya adjusted R-squared yaitu 0.447 yang berarti nilai perusahaan mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 44,7% sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, S. E, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kepemilikan Manajerial, dan Nilai Perusahaan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 14:01
Last Modified: 01 Feb 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum