ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN MARGIN MURABAHAH UNTUK PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH STUDI KASUS: PT BANK SYARIAH MANDIRI

LILIA NIHAYATI, NIM. 08390036 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN MARGIN MURABAHAH UNTUK PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH STUDI KASUS: PT BANK SYARIAH MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN MARGIN MURABAHAH UNTUK PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH STUDI KASUS: PT BANK SYARIAH MANDIRI)
08390036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN MARGIN MURABAHAH UNTUK PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH STUDI KASUS: PT BANK SYARIAH MANDIRI)
08390036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan margin murabahah untuk pembiayaan produk pemilikan rumah (studi kasus: Bank Syariah Mandiri). Kegiatan pembiayaan merupakan salah satu tugas pokok bank. Salah satu produk pembiayaan yang paling banyak diminati masyarakat adalah pembiayaan murabahah. Murabahah merupakan jual beli dengan dasar adanya informasi dari pihak penjual terkait dengan harga pokok pembelian dan tingkat keuntungan yang diinginkan. Besarnya pembiayaan murabahah yang disalurkan bank Syariah dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh volume pembiayaan murabahah, biaya operasional, inflasi dan suku bunga terhadap penetapan margin murabahah untuk pembiayaan pemilikan rumah pada Bank Syariah Mandiri periode tahun 2009-2011. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan berdasarkan tujuannya. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri. Tekhnik yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data yang diukur dengan skala numerik (angka). Data penelitian ini merupakan data sekunder yang berjumlah 34 data, diambil dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh bank Syariah Mandiri dan Bank Indonesia. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah volume pembiayaan murabahah, Biaya operasional, Inflasi dan suku bunga. Sedangkan margin murabahah adalah variabel dependennya. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa volume pembiayaan murabahah, biaya operasional, inflasi dan suku bunga. secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap pepenetapan margin murabahah. Secara parsial atau pada uji t menunjukkan bahwa biaya operasional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penetapan margin murabahah, volume pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penetapan margin murabahah, inflasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penetapan margin murabahah, dan suku bunga mempunyai pengaruh yang signifikan negatif terhadap penetapan margin murabahah. Adapun koefisien determinasi (R2) sebesar 0,867 yang berarti penetapan margin murabahah pada Bank Syariah mampu dijelaskan oleh variabel indipenden sebesar 86.7% dan sisanya sebesar 13.3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. SYAFIQ.M. HANAFI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Margin murbahah, volume pembiayaan murabahah, biaya operasional, Inflasi, suku bunga
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 14:14
Last Modified: 01 Feb 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum