KEBUTUHAN DASAR PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI KELAS X MAN WONOSARI YOGYAKARTA

ZAHI SAKILAH, NIM: 11470097 (2015) KEBUTUHAN DASAR PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI KELAS X MAN WONOSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBUTUHAN DASAR PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI KELAS X MAN WONOSARI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBUTUHAN DASAR PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI KELAS X MAN WONOSARI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kebutuhan dasar peserta didik yang wajib dipenuhi keluarga, penting sekali bagi orang tua dan guru untuk memahami apa saja kebutuhan dasar peserta didik. Orang tua wajib memenuhi kebutuhan dasar tersebut guna anak dan peserta didik dapat meningkatkan prestasi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui apa saja kebutuhan dasar anak yang wajib dipenuhi keluarga; (2) mengetahui bagaimana kebutuhan dasar peserta didik meningkatkan prestasi akademik; (3) mengetahui faktor lain yang menyebabkan anak berprestasi dan tidak berprestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam observasi peneliti mengamati langsung lokasi penelitian, sedangkan pada metode wawancara peneliti mengambil sepuluh orang peserta didik kelas X MAN Wonosari, dua wali kelas X, WAKA Kesiswaan dan Guru BK, sedangkan dalam metode dokumentasi peneliti memperoleh data sejarah singkat MAN Wonosari, Visi dan Misi, jumlah siswa, dan daftar nilai siswa. Sedangkan analisisnya peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok dan fokus pada hal-hal yang penting dan tidak mengambil data yang tidak diperlukan, lalu penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi dalam keluarga meliputi: kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan harga diri, kebutuhan aktualisasi diri, dan kebutuhan akan keagamaan; (2) prestasi akademik dapat diperoleh siswa dengan usaha siswa dalam meraih prestasi tersebut, tetapi dalam usaha mendapatkan prestasi siswa memerlukan kebutuhan dasar sehingga kebutuhan dasar dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. (3) faktor lain yang menyebabkan anak berprestasi dan tidak berprestasi di bagi menjadi dua, yaitu: (1) faktor internal, meliputi: kecerdasan siswa, sifat malas, minat, dan motivasi belajar; (2) faktor eksternal, meliputi: teman bergaul, guru, dan teknologi. Kata kunci: Kebutuhan Dasar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Dasar, Prestasi Belajar.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:04
Last Modified: 03 Feb 2016 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum