PENDEKATAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII Dl MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NUR BAITY, NIM. 11470155 (2015) PENDEKATAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII Dl MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII Dl MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII Dl MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian skripsi ini antara lain sebagai berikut: 1. Apa saja pendekatan pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam membentuk perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta? 2. Apa saja faktor yang mempe ngaruhi penggunaan pendekatan pembelajaran mata pelajaran fikih dalam membentuk perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta? 3. Bagaimana hasil dari pendekatan pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam membentuk perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta? Sedangkan tujuannya adalah: a. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pendekatan pembelajaran fikih yang digunakan guru fikih dalam membentuk perilaku keagamaan pada peserta didik kelas VII di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. b. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. c. Untuk mengetahui hasil dari pendekatan pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam membentuk perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. Metode Pengumpulan Datanya adalah: a. Metode Observasi, b. Metode Wawancara (Interview), c. Metode Dokumentasi. Kesimpulannya yaitu: 1. Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam membentuk perilaku keagamaan siswa kelas VIII di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta yaitu pendekatan religius, pendekatan fungsional, pendekatan pembiasaan, pendekatan pengalaman, dan pendekatan keteladanan. Pendekatan pembelajaran tersebut berrtujuan agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru fikih dan dapat meningkatkan pengetahuan agama, meningkatkan ibadah serta perilaku keagamaan siswa. Pendekatan yang dipilih oleh guru fikih kelas VII juga di sesuaikan dengan materi pembelajaran dan kondisi siswa kelas VII. 2. Faktor yang mempengaruhi pendekatan yang digunakan guru fikih dalam pembentukan perilaku keagamaan ada dua yaitu: a) faktor internal: komunikasi yang baik antara guru fikih dengan siswa, motivasi belajar yang tinggi dari siswa, ketertarikan terhadap materi yang pelajari, serta tersedianya alat peraga atau media pembelajaran yang mendukung. Sedangkan b) faktor eksternalnya: sekolah melakukan kerjasama dengan wali murid, siswa kelas VII cenderung lebih penurut dibandingkan siswa kelas VIII dan IX, dan lingkungan pergaulan siswa.3. Hasil yang dicapai dari pendekatan pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam membentuk Yogyakarta yaitu: siswa kelas VII menjadi semakin meningkat kebiasaan beribadahnya, sikap dan perilaku keagamaan siswa kelas VII menjadi semakin baik, pengetahuan keagamaan siswa kelas VII semakin meningkat, dan kemampuan baca tulis Alquran baca menjadi semakin baik, terbentuknya sifat jujur dalam beribadah, serta menumbuhkan rasa menghormati dan menghargai antar sesama Kata kunci: Pendekatan pembelajaran fikih, perilaku keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ZAINAL ARIFIN, MSI
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran fikih, perilaku keagamaan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:37
Last Modified: 03 Feb 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum