ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA YANG MASUK INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA

TITI MUNAWAROH, NIM. 11390063 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FENOMENA UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA YANG MASUK INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11390063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
11390063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang sering terjadi ketika perusahaan melakukan penawaran perdana ke publik (IPO) adalah terjadinya fenomena harga rendah atau underpricing. Pada tahun 2010 IPO Krakatau Steel mengalami underpricing yang cukup parah dengan kenaikan harga sebesar 49.4% dari penawaran perdananya. Hal tersebut menciptakan potential loss yang cukup besar bagi Krakatau Steel dan keuangan Negara karena Krakatau Steel merupakan BUMN. Peristiwa ini memberikan kesan bahwa dalam penetapan harga IPO lebih mengutamakan kepentingan investor daripada kepentingan emiten. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan, umur perusahaan, ROE, tujuan penggunaan dana untuk investasi serta DER terhadap underpricing. Sampel dari penelitian ini adalah 36 perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada periode 2011-2014. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data prospektus perusahaan yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan Pojok Bursa UII Yogyakarta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 17. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk membuktikan pengaruh variabel indepeneden terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap underpricing yang sekaligus mendukung teori agensi. Variabel reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap underpricing akibat lemahnya kredibilitas auditor. Variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan juga tidak dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi sehingga tidak berpengaruh terhadap underpricing. Adanya indikasi manajemen laba pada perusahaan go public menyebabkan ROE tidak berpengaruh terhadap underpricing. Variabel tujuan penggunaan dana untuk investasi berpengaruh positif terhadap underpricing karena semakin besar biaya investasi maka risiko juga semakin besar. Sedangkan variabel DER tidak berpengaruh terhadap underpricing akibat jenis industri yang berbeda dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si., Ak. CA
Uncontrolled Keywords: Underpricing, IPO, Prospektus
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:43
Last Modified: 03 Feb 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum