PENGARUH MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014

TUTIK KURNIAWATI, NIM. 11390070 (2015) PENGARUH MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014)
11390070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2011-2014)
11390070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan opini audit tahun sebelumnya terhadap penerimaan Audit Going Concern pada perusahaan yang terdapat dalam Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2011-2014. Sesuai teori keagenan bahwa pemisahan kepemilikan dengan pengendalian perusahaan akan menimbulkan konflik keagenan. Dalam meredakan konflik tersebut dibutuhkan pihak ketiga yang independen sebagai mediator pada hubungan antara prinsipal dan agen. Auditor adalah pihak yang dianggap mampu menjebatani kepentingan pihak prinsipal (shareholders) dengan pihak agen (manajer) dalam mengelola keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan purposive sampling dan memperoleh sample sebesar 24 sampel perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini going concern sedangkan opini audit tahun sebelumnya saja yang berpengaruh terhadap penerimaan opini going concern. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu Periode pengambilan sampel penelitian hanya 4 tahun sehingga belum optimal untuk melihat kecenderungan pengaruh kondisi keuangan. Variabel yang diteliti menggunakan 4 variabel independen yaitu Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage,Opini Audit Tahun Sebelumnya dan 1 variabel dependen yaitu opini going concern, Penelitian ini hanya memakai data perusahaan yang terdaftar di ISSI dan menggunakan mata uang Rupiah saja. Selain itu penelitian ini hanya meneliti perusahaan yang laba bersihnya negatif saja. Oleh karena itu pada penelitian selanjutnya disarankan mempertimbangkan variabel utama lain dan menggunakan perusahaan perbankan serta perusahaan yang laba bersihnya positif maupun negatif sehingga dapat diketahui perbedaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Going Concern, Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, opini audit tahun sebelumnya
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:47
Last Modified: 04 Feb 2016 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum