PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2014

NURLAILATUL BAYYINAH, NIM. 11391010 (2015) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2014)
11391010_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2010-2014)
11391010_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen laba merupakan teknik atau metode yang digunakan oleh manajer untuk menaikkan atau menurunkan laba pada laporan keuangan. Manajemen laba ini timbul karena adanya konflik kepentingan antara manajer dan pemilik perusahaan. Konflik kepentingan terjadi karena manajer dan pemilik perusahaan memiliki tujuan yang berbeda. Manajer dengan sifat opurtunistiknya berusaha menyejahterakan dirinya dan memenuhi kebutuhan psikologinya sedangkan pemilik perusahaan berusaha memperoleh laba semaksimal mungkin dengan biaya yang sekecil mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi dan mekanisme tata kelola perusahaan terhadap praktik manajemen laba. Mekanisme tata kelola perusahaan dalam penelitian ini meliputi ; ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, dan komite audit. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di DES (Daftar Efek Syariah) dalam periode 2010-2014. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 perusahaan manufaktur yang diambil melalui purposive sampling. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan regresi berganda dan regresi sederhana program SPSS 16. Berdasarkan hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS 16. Maka, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan asimetri informasi dan mekanisme tata kelola perusahaan yang meliputi ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris dan komite audit secara bersama-sama berpengaruh terhadap praktik manajemen laba. Sedangkan secara parsial hanya variabel ukuran dewan komisaris yang berpengaruh terhadap praktik manajemen laba. Sedangkan variabel asimetri informasi, proporsi dewan komisaris dankomite audit tidak berpengaruh terhadap praktik manajemen laba. Nilai koefisisen determinasi sebesar 6% yang artinya bahwa sebesar 6% variabel independen yang teridiri dari asimetri informasi dan mekanisme tata kelola perusahaan mampu menjelaskan variabel dependen yaitu manajemen laba. Sisanya sebesar 94% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. MUHAMMAD FAKHRI HUSEIN, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen laba, asimetri informasi, ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris, komite audit.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:58
Last Modified: 04 Feb 2016 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum