TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM LAYANAN SERVICE KENDARAAN PADA BENGKEL YAMAHA YSS.06030 JATINOM KLATEN

MUHTARAM AHLAN HASYIM ASY’ARI, NIM. 11380064 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM LAYANAN SERVICE KENDARAAN PADA BENGKEL YAMAHA YSS.06030 JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM LAYANAN SERVICE KENDARAAN PADA BENGKEL YAMAHA YSS.06030 JATINOM KLATEN)
11380064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM LAYANAN SERVICE KENDARAAN PADA BENGKEL YAMAHA YSS.06030 JATINOM KLATEN)
11380064_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan atas klaim konsumen merupakan salah satu kewajiban yang harus diberikan oleh produsen. Demikian juga penanganan klaim yang diberikan oleh bengkel Yamaha Klaten YSS.06030. Bentuk klaim konsumen yang terjadi ada kalanya dalam bentuk klaim atas ketidakpuasan pelayanan dan ada klaim atas kerusakan yang dialami konsumen setelah dilakukan perbaikan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengambil dua pokok permasalahan. Yaitu, bagaimana penanganan atas klaim konsumen di bengkel Yamaha Klaten YSS.06030. Dan permasalahan yang kedua, bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penanganan klaim di bengkel Yamaha Klaten YSS.06030. Penelitian ini masuk dalam ketegori field research dengan metode deskriptif-analitis. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan penanganan klaim pasca service di bengkel Yamaha Klaten YSS.06030, sedangkan metode analitis digunakan untuk menganalisa penanganan klaim di bengkel dengan menggunakan pandangan hukum Islam. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisis data yang dipakai adalah metode induktif. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori hukum Islam berupa prinsipprinsip muamalat dan khiyar. Kedua teori ini yang akan digunakan untuk memberikan pandangan mengenai praktik penanganan klaim konsumen yang terjadi di bengkel Yamaha Klaten YSS.06030. Dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk penanganan klaim yang diberikan pihak bengkel kepada konsumen masih perlu dilakukan perbaikan aturan dan pelayanan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari aturan-aturan yang dibuat oleh pihak bengkel dalam melakukan penanganan klaim konsumen cukup memakan waktu yang lama untuk dilakukannya penanganan klaim tersebut. Dalam teori-teori hukum Islam diantaranya prisnsip muamalah dan khiyar, penanganan klaim dari pihak bengkel belum sepenuhnya dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari penanganan klaim yang dilakukan pihak bengkel tidak menyesuaikan posisinya untuk memberikan kepuasan pelayanannya kepada konsumen. Aturan undang-undang yang berlaku sudah disesuaikan dengan aturan tambahan yang dibuat sendiri oleh bengkel. Namun, penerapannya di bengkel Yamaha tersebut masih perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Tamtowi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen, service kendaraan, bengkel yamaha yss.06030
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Feb 2016 09:19
Last Modified: 04 Feb 2016 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum