PERIODISASI KRITIK MATAN HADIS (ANALISIS PERKEMBANGAN METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS SEJAK PERIODE PERMULAAN SAMPAI PERIODE PASCA ATBA AL-TABI’IN)

ABDUL AZIZ, STHI, NIM. 1320510005 (2015) PERIODISASI KRITIK MATAN HADIS (ANALISIS PERKEMBANGAN METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS SEJAK PERIODE PERMULAAN SAMPAI PERIODE PASCA ATBA AL-TABI’IN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERIODISASI KRITIK MATAN HADIS (ANALISIS PERKEMBANGAN METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS SEJAK PERIODE PERMULAAN SAMPAI PERIODE PASCA ATBA> AL-TAB> I’I>N))
1320510005_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERIODISASI KRITIK MATAN HADIS (ANALISIS PERKEMBANGAN METODOLOGI KRITIK MATAN HADIS SEJAK PERIODE PERMULAAN SAMPAI PERIODE PASCA ATBA> AL-TAB> I’I>N))
1320510005_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada kajian kali ini, secara khusus penulis memberi judul “Periodisasi kritik matan hadis (analisis perkembangan metodologi kritik matan mulai periode permulaan sampai Periode Pasca Atba> al-Tabi’i>n”). Secara singkat pembahasan yang ada di dalamnya meliputi metodologi serta aplikasi kritik matan yang dilihat mulai dari periode permulaan, sahabat, tabi’in, atba’ at-tabi’in, hingga abad ke VII H. hal ini berdasarkan rumusan masalah yang ada dalam tulisan ini mengenai bagaimana metodologi serta aplikasi kajian kritik matan yang terjadi sejak periode permulaan hingga abad ke VII H. Guna menjawab dari pertanyaan hal tersebut penulis dalam kajian kali ini menggunakan pendekatan Historik-Biografik. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan dua metode yakni, deskriptif-analisis. Selanjutnya, berkaitan kajian kritik matan sebenarnya telah dilakukan sejak dini yakni dari masa Nabi dan Sahabat, akan tetapi pada masa selanjutnya kajian kritik matan sedikit dipandang sebelah mata, hal ini karena ada beberapa faktor yang menyebabkan diantaranya pada masa pasca sahabat, ulama hadis lebih menekankan pada kajian sanad, dan pada ahirnya mereka beranggapan bahwa apabila sanad hadis tersebut dinilai sahih maka hadis tersebut juga dianggap sahih, meskipun dalam matannya terdapat illat. Sejarah membuktikan bahwa kajian akan matan ini muncul kembali pada abad ke V H, dengan munculnya kitab al-Maudu>’a>t karya imam al-Jauzi, akan tetapi beliau hanya mengumpulkan matan-matan sahih yang dianggap daif saja, kajian beliau ini belum mencapai tentang kajian tolok ukur yang ditetapkan untuk kajian kesahihan matan. Pada periode setelahnya kajian matan semakin berkembang dan ulama pada saat itu semakin serius dalam meneliti matan, hingga pada ahirnya pada sekitar abad ke VII H muncul kitab yang khusus membahas tentang kritik matan, dan dengan kajian tolok ukur akan kesahihan matan, yakni dengan munculnya kitab Al-Mana>r Al-Muni>f Fi S{ahi>h Wa D{ai>f karya Ibn Qayyim. Dari sedikit kajian yang dilakukan oleh penulis ini, paling tidak ada beberapa poin yang bisa dijadikan sebagai benang merah dari hasil kajian, diantaranya : kritik hadis sudah dimulai sejak zaman Nabi, mengenai bentuk dari sebuah kritik tersebut berkisar pada konfirmasi hal ini sebagaimana riwayat Abu Buraidah, klarifikasi , dan testimoni. Pada masa sahabat kritik hadis tertuju pada uji kebenaran apakah Rasulullah benar-benar menyampaikan hadis itu atau tidak, adapun mengenai saling bertukar pendapat atau mencocokan berita antara satu sahabat dengan yang lain itu bisanya disebut dengan metode Muqa>ranah. Sedangkan pada periode Tabi’i>n hingga sekitar abad IV H kajian matan kurang diperhatikan, dan para ulama pada saat itu lebih mengedepankan kajian sanad hadis. Puncak kajian matan baru benar-benar tenar ataupun mulai diperhatikan secara serius pada abad ke VII H, dengan adanya tolok ukur yang dibuat oleh Ibn al-Qayyim yang berjumlah 13 poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Suryadi, M.Ag
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Feb 2016 12:55
Last Modified: 05 Feb 2016 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum