KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MA ASSALAFIYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA

AHMAD KHABIB AZZUHRI, NIM. 11420049 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MA ASSALAFIYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MA ASSALAFIYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
11420049_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MA ASSALAFIYAH MLANGI SLEMAN YOGYAKARTA)
11420049_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bagaimana guru bahasa Arab di MA Assalafiyah Mlangi Sleman Yogyakarta ditinjau dari kompetensi pedagogiknya, yang meliputi memahami peserta didik, perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, serta implementasi kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam pembelajaran di MA Mlangi Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi di MA Assalafiyah Mlangi Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan conclusion drawing atau verivikasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Guru bahasa Arab di MA Assalafiyah Mlangi Sleman Yogyakarta sudah memenuhi semua indikator kompetensi pedagogik. 2. Implementasi kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam pembelajaran di MA Mlangi Sleman Yogyakarta meliputi a.Memahami karakteristik peserta didik dengan cara minat atau tingkat pemahaman siswa dan melalui pre test. b. Melengkapi tugas perencanaan pembelajaran. c. Dalam melaksanakan pembelajaran sudah memenuhi semua indikator yaitu keterampilan membuka pelajaran, penguasaan kelas, keterampilan menjelaskan materi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan variasi pembelajaran dan keterampilan menutup kegiatan pembelajaran. d. Mengevaluasi hasil belajar mencakup tiga aspek kognitif yaitu tanya jawab, ulangan harian, UTS dan UAS, aspek afektif yaitu dengan melihat kondisi kelas, aspek psikomotorik menilai dari keaktifan siswa. e. Mengembangkan peseta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya dengan cara pendampingan dan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin, M. M.,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2016 09:51
Last Modified: 09 Feb 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum