TELAAH MATERI “BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII”

IKA ILLYANA ULYA, NIM. 11420101 (2015) TELAAH MATERI “BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH MATERI “BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII”)
11420101_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TELAAH MATERI “BUKU SISWA BAHASA ARAB PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII”)
11420101_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kecemasan peneliti terhadap kasus yang beredar dalam kurikulum pembelajaran 2013, yakni banyak buku teks yang memuat cerita vulgar sehingga seharusnya tidak pantas dibaca oleh anak-anak, tentu semua content materi tersebut dapat berdampak buruk pada peserta didik. Belum saatnya mereka menerima penyajian cerita vulgar sedemikian rupa. “Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII” merupakan buku bahasa Arab yang dipakai sebagai buku pegangan Madrasah Tsanawiyah kelas VII, dengan demikian peneliti tertarik menganalisis kesesuaian buku tersebut dengan kriteria kualitas buku berdasarkan pada teori pengembangan buku teks yang baik menurut Abdul Hamid, landasan keilmuan buku ajar menurut Masnur Muslich, serta empat sistem tahapan (seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas buku tersebut sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab, ditinjau dari beberapa teori penyusunan buku ajar dan dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan objek buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas VII dan menggunakan analisis isi (Content analysis) dalam mengalisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi pada sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar tersebut telah memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu telah sesuai dengan tujuh kriteria pengembangan buku teks yang baik, meliputi isi buku ajar, ketepatan cakupan, ketercernaan materi, penggunaan bahasa, ilustrasi, maupun kelengkapan komponen. Tetapi dalam hal perwajahan atau pengemasan belum memenuhi kriteria karena terdapat teks bacaan yang terlalu padat dalam satu halaman dan tidak menggunakan variasi, aksentuasi jenis dan ukuran huruf yang menarik perhatian. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa buku ajar telah sesuai dengan landasan keilmuan, diantaranya: keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Serta telah memenuhi empat sistem tahapan, 1)seleksi, karena sesuai dengan tingkat kemahiran dan lama suatu program pembelajaran bahasa. 2)gradasi, dengan lebih mendahulukan kaidah-kaidah sederhana dan lebih berguna dari pada kaidah-kaidah yang kompleks. Walaupun terjadi inkonsistensi dalam penyajian kaidahnya. 3) presentasi, dengan adanya tabel dan gambar-gambar yang membantu mempermudah pemahaman dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. 4) repetisi yang baik, melalui latihan-latihan produktif dalam setiap bab dan latihan pilihan ganda pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Telaah Materi Buku, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Feb 2016 09:25
Last Modified: 10 Feb 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum