SINERGITAS ANTARA KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK PAULO FRIERE DENGAN KONSEP TAKSONOMI TUJUAN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

MUFIATI, NIM. 11420136 (2015) SINERGITAS ANTARA KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK PAULO FRIERE DENGAN KONSEP TAKSONOMI TUJUAN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGITAS ANTARA KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK PAULO FRIERE DENGAN KONSEP TAKSONOMI TUJUAN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
11420136_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SINERGITAS ANTARA KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK PAULO FRIERE DENGAN KONSEP TAKSONOMI TUJUAN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
11420136_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas konsep pendidikan humanistik dengan konsep taksonomi tujuan pendidikan dan relevansinya terhadap pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Berawal dari penelusuran problemmatika pengajaran dan tujuan pengajaran, pengajaran harus memberikan kebebasan bagi peserta didiknya untuk berekspresi dan pengembangan bakatnya masing-masing, sedangkan pada tujuan pembelajaran harus menyentuh beberapa aspek psikologi manusia, yakni aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer (library research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi dan pendekatan pendidikan bahasa dan Islam. Sedangkan metode yang digunakan yaitu dokumenter dengan mencari, mengumpulkan data dan menganalisis sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam buku, jurnal, website, ebook dan lainnya, terutama dari sumber data primer yaitu buku Education : The Practice of Freedom (Pendidikan Sebagai Praktik Pembebasan). Karya Paulo Friere yang diterjemahkan oleh Alonis A. Nugroho. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis), dan menggunakan metode induktif dan deduktif untuk proses analisis datanya. Konsep pendidikan humanistik yang merupakan konsep pendidikan pembebasan dan konsep taksonomi tujuan pendidikan yang merupakan pengklasifikasian tujuan pengajaran berdasarkan tiga ranah yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian yang di peroleh adalah bahwa konsep pendidikan humanistik dengan konsep taksonomi tujuan pendidikan memiliki hubungan saling keterkaitan dan relevan serta memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Aplikasi konsep pendidikan humanistik dalam proses pembelajaran bahasa arab merujuk pada motivasi dan kesadaran diri untuk maju dan menjadi manusia yang lebih baik, sedangkan taksonomi tujuan pendidikan adalah penekanan pada ranah kognitif dan ditambah dengan prilaku ranah afektif dan psikomotorik. Tujuan utama pengajaran bahasa Arab berorientasi untuk membentuk kompetensi komunikasi secara luas, denga kemahiran bahasa sebagai fondasi penguasaan bahasa. Pengajaran bahasa Arab diarahkan untuk menjadikan individu yang kreatif dalam mengembangkan potensi dirinya bagi penguasaan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Radjasa Mutasin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Humanistik Paulo Friere, Konsep Taksonomi, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Feb 2016 13:41
Last Modified: 10 Feb 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum