MASJID DAN PERUBAHAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG AKTIVITAS MASJID BAITURRAHMAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN POLRI GOWOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)

DIAN ARYANI, NIM. 11720017 (2015) MASJID DAN PERUBAHAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG AKTIVITAS MASJID BAITURRAHMAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN POLRI GOWOK, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MASJID DAN PERUBAHAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG AKTIVITAS MASJID BAITURRAHMAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN POLRI GOWOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11720017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MASJID DAN PERUBAHAN SOSIAL (KAJIAN TENTANG AKTIVITAS MASJID BAITURRAHMAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN POLRI GOWOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11720017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan sosial ternyata masih menjadi topik yang menarik sebagai sebuah pembahasan, di mana perubahan sosial merupakan sebuah proses kehidupan manusia yang tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Banyak hal yang menjadi penyebab dari faktor munculnya perubahan sosial, tokoh utama penyebab dari adanya perubahan sosial adalah masyarakat. Di mana sebelum terjadinya perubahan sosial masyarakat melalui proses yang dinamakan hubungan sosial, sehingga menimbulkan tindakan sosial masyarakat akan melakukan interaksi sosial dengan sesamanya. Sedangkan proses interaksi sosial merupakan intisari dari kehidupan sosial yang akan memicu timbulnya perubahan sosial. Oleh sebab itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi masjid dalam membawa perubahan sosial, dengan mengacu pada aktivitas dari takmir masjid Baiturrahman kepada masyarakat Perumahan Polri Gowok. Karena masjid merupakan sebuah bangunan yang berhubungan erat dengan lingkungan sekitarnya dan lingkungan sosial masyarakatnya, masjid bukan hanya sebuah simbol keagamaan bagi umat dengan ciri khas dari gedung dan interiornya. Tetapi masjid memiliki fungsi sebagai penggerakdari dinamika kehidupan manusia, dengan melakukan beberapa strategi dan kegiatan yang dilaksanakan oleh para pengurus masjid Baiturrahman dalam membawa perubahan sosial terhadap lingkungan sekitarnya. Melihat adakah dampak dari perubahan sosial yang terjadi di perumahan polri Gowok, dengan membandingkan kondisi sosial warga sebelum dan sesudah berdirinya masjid Baiturrahman. sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai perubahan sosial yang di gagas oleh T.B. Bottomore. Peneliti ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat perumahan polri Gowok, terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal (masyarakat sendiri) dan faktor eksternal (aktifitas masjid Baiturrahman), sedangkan peran dan fungsi masjid dalam membawa Perubahan pada masyarakat perumahan bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi bisa digunakan untuk aktivitas sosial masyarakat lainnya. Dengan berbagai kegiatan dan strategi yang dilaksanakan oleh takmir masjid baiturrahman, sehingga dapat membawa masyarakat ke arah perubahan yang lebih baik. Hubungan sosial mereka juga menjadi lebih terjaga dengan seringnya berkumpul dan berinteraksi antara masyarakat satu sama lain. Bahkan masyarakat muslim dan non muslim memiliki solidaritas yang tinggi dan tidak saling acuh satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Musa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Masyarakat Perumahan polri Gowok, Aktivitas Masjid Baiturrahman.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Feb 2016 09:03
Last Modified: 16 Feb 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum