PENINGKATAN RELIGIUSITAS PADA LANJUT USIA ( STUDI PADA LANSIA DI KOMPLEK EKS. KOWILHAN II KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA )

SITI UMI TASLIMA, NIM. 12220096 (2016) PENINGKATAN RELIGIUSITAS PADA LANJUT USIA ( STUDI PADA LANSIA DI KOMPLEK EKS. KOWILHAN II KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN RELIGIUSITAS PADA LANJUT USIA ( STUDI PADA LANSIA DI KOMPLEK EKS. KOWILHAN II KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA ))
12220096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN RELIGIUSITAS PADA LANJUT USIA ( STUDI PADA LANSIA DI KOMPLEK EKS. KOWILHAN II KELURAHAN BACIRO KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA ))
12220096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latarbelakang bahwa memasuki masa lansia yang bahagia identik dengan kesiapan untuk menerima segala perubahan dalam aspek-aspek kehidupan dengan sistem yang dapat mempengaruhi perkembangan kehidupannya. Salah satu sistem tersebut adalah nilai-nilai tentang ketuhanan atau disebut dengan religiusitas sebagai suatu tujuan peningkatan keberagamaan pada masa lansia yang dilakukan dan usaha dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT serta untuk mengisi hari tua dan kegiatan dalam menyiapkan bekal di akhirat kelak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan sikap religiusitas pada lansia di Komplek Eks. Kowilhan II Kelurahan Baciro Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif yang memiliki beberapa karakteristik yaitu; petama, berlangsung dalam latar ilmiah, kedua, penulis adalah instrument atau alat pengumpul data yang utama, tiga, analisis datanya dilakukan secara induktif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh lansia dalam meningkatkan sikap religiusitas tergambar dalam peningkatan dimensi religiusitas yaitu bertambahnya ketaatan dan keimanan kepada Allah, aktif mengikuti pengajian, rajin shalat berjamaah dan shalat sunnah, tadarus al-quran dan juga berdzikir, membangun hubungan yang baik dengan orang lain, menambah pengetahuan dengan mengikuti pengajian dan membaca buku, dan merasakan pengalaman religius di kehidupannya. Sebagai sebuah upaya dalam meningkatakan sikap religiusitas pada lansia ini didapatkan hasil bahwa adanya peningkatan dalam hal melakukan kegiatan ibadah dan amalan yang baik bagi kehidupan masa lanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Lansia.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:36
Last Modified: 28 Apr 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum