KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM WACANA MEDIA (ANALISIS BERITA PADA RUBRIK NASIONAL HU REPUBLIKA EDISI NOVEMBER 2014-JANUARI 2015)

JEAN AYU KARNA ASMARA, NIM. 11210151 (2016) KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM WACANA MEDIA (ANALISIS BERITA PADA RUBRIK NASIONAL HU REPUBLIKA EDISI NOVEMBER 2014-JANUARI 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM WACANA MEDIA (ANALISIS BERITA PADA RUBRIK NASIONAL HU REPUBLIKA EDISI NOVEMBER 2014-JANUARI 2015))
11210151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM WACANA MEDIA (ANALISIS BERITA PADA RUBRIK NASIONAL HU REPUBLIKA EDISI NOVEMBER 2014-JANUARI 2015))
11210151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jean Ayu Karna Asmara. Kepemimpinan Perempuan Dalam Wacana Media ( Analisis Berita Pada Rubrik Nasional HU Republika Edisi November 2014-Januari 2015). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Diawali dengan banyaknya permasalahan gender yang masih menjadi sebuah isu yang hangat, tak lepas dengan perempuan yang berkecimpung dalam politik memiliki masalah dalam menjalankan tugasnya. Dari perkembangan masalah itulah media cetak seperti HU Republika dalam mewacanakan partisipasi perempuan dalam politik pada pemberitaan yang diterbitkan Republika pada rubrik Nasional, sebagaimana menyampaikan pesan terkait partisipasi perempuan dalam politik kepada pembaca. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kritis dengan pendekatan kualitatif, melihat HU Republika mewacanakan pemberitaan partisipasi perempuan dalam politik, peneliti menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk, untuk menganalisis berita media cetak dengan memakai analisis wacana kritis (Cricitical Discourse Analysis/CDA). Pada level analisis data model Teun A. Van Dijk dibagi menjadi tiga elemen yaitu Teks, Konteks Sosial dan Kognisi Sosial, namun pada penelitian ini hanya menggunakan dua elemen yaitu teks dan konteks sosial. Analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada elemen tersebut mengungkapkan wacana yang dibentuk oleh HU Republika. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil analisis wacana pada pemberitaan mengenai partisipasi perempuan dalam politik yang diterbitkan HU Republika bahwa wacana yang ingin dibentuk adalah sebagaimana dan sejauh mana media membentuk persepsi masyarakat atau pembaca dalam memunculkan opini publik, terutama dalam hal menyikapi, mengerti, memahami, dan sebagai pembelajaran tentang makna partisipasi perempuan dalam politik yang dimaksudkan di sini merupakan perempuan yang memiliki jabatan dalam dunia politik. Selain itu, dengan menggunakan analisis teks dan konteks sosial akan mengetahui berita yang ditampilkan sesuai dengan ideologi dari HU Republika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Perempuan dalam Politik, Analisis Wacana Kritis, SKH Republika.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Feb 2016 08:49
Last Modified: 17 Feb 2016 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum