STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUWANGI

MOHAMAD REGALFA MARGIONO, NIM. 11230007 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUWANGI)
11230007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUWANGI)
11230007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Marketing Online oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangií. Penelitian ini, penulis meneliti tentang strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan usaha para pelaku UKM di wilayah kerjanya. Pelatihan marketing online mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi yang menjadi trend di kalangan masyarakat luas. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini yakni menggunakan teori marketing online menurut Jubilee Enterprise. Secara terperinci dapat diuraikan dalam beberapa bagian yakni: memosting produk disetiap toko online, membuat personal branding, nebeng “ngetop” di situs orang lain, dan membuat atau memiliki berbagai akun media sosial untuk berpromosi. Strategi yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi ada tiga, yakni: pengenalan marketing online keseluruh pelaku UKM di Banyuwangi, pelatihan markting online, dan pelatihan aplikasi online pada pemuda Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sasaran penelitian secara apa adanya, menganalisa data yang terkumpul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah para pelaku UKM saat ini memiliki berbagai media online sebagai sarana pemasaran seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu, pelaku UKM juga mengalami peningkatan pendapatan usaha (omzet), seperti Nova Yuliana yang semula berpendapatan Rp. 2.000.000,00 kini menjadi Rp. 6.000.000,00 per bulan, Didi Iswahyudi (pengusaha kuliner) dari pendapatannya semula Rp. 1.000.000,00 menjadi Rp. 6.000.000,00 per bulan dan Yunawiya (Pengusaha makanan ringan) dari yang semula berpendapatan Rp. 25.000.000,00 kini menjadi Rp. 50.000.000,00 per bulan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.si
Uncontrolled Keywords: Marketing Online, UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Banyuwangi.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Feb 2016 09:02
Last Modified: 17 Feb 2016 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum