PEMBERDAYAAN ANAK PAUD DAN TK MELALUI SEKOLAH KREATIF DAN INOVATIF: STUDI DI PAUD DAN TK GAJAHWONG, KAMPUNG LEDHOK TIMOHO, DIY

LUTFIA NIRWANA, NIM. 11230053 (2016) PEMBERDAYAAN ANAK PAUD DAN TK MELALUI SEKOLAH KREATIF DAN INOVATIF: STUDI DI PAUD DAN TK GAJAHWONG, KAMPUNG LEDHOK TIMOHO, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN ANAK PAUD DAN TK MELALUI SEKOLAH KREATIF DAN INOVATIF: STUDI DI PAUD DAN TK GAJAHWONG, KAMPUNG LEDHOK TIMOHO, DIY)
11230053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK PAUD DAN TK MELALUI SEKOLAH KREATIF DAN INOVATIF: STUDI DI PAUD DAN TK GAJAHWONG, KAMPUNG LEDHOK TIMOHO, DIY)
11230053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan daerah marginal yang berada di pinggiran sugai Gajah Wong tanpa adanya kepemilikan tanah, dengan obyek penelitian yaitu Anak-anak Jalanan di Sekolah Gajahwong dengan berbagai latar belakang kegiatan sehari-hari. Keberadaan anak jalanan yang menjadi pengamen, pemulung, dan pengemis di Ledhok Timoho melalui berbagai macam proses, dari mereka yang mencari uang di jalanan karena perekonomian dan putus sekolah, sampai mereka yang memiliki masalah dengan keluarga. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: (1) Mengetahui programprogram dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan anak di Ledhok Timoho yang dilakukan oleh Sekolah PAUD dan TK Gajahwong; (2) Mengetahui dampak dari program dan kegiatan pemberdayaan anak Ledhok Timoho yang dilakukan oleh Sekolah PAUD dan TK Gajahwong terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi. Adapun metode penelitian secara garis besar bersifat studi lapangan (field research) dan studi pustaka. Sifat dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Model pendekatan dengan mengamati pada aspek pemberdayaan masyarakat komunitas Ledhok Timoho melalui sekolah Gajahwong. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Program-program pemberdayaan masyarakat di Ledhok Timoho diantaranya dengan menciptakan sekolah life-skill berbasis alam; program sekolah untuk orang tua murid, baik secara stuktural dengan ikut masuk kelas, maupun dilakukan secara kultural ketika berinteraksi dalam masyarakat; dan terakhir mengadakan kerjasama dengan masyarakat dalam bidang ekonomi, seperti peternakan sapi dan kambing, budidaya lele serta kerjasama di bidang pemasaran barang-barang hasil kreatifitas sekolah Gajahwong. (2)Dampak dari program dan kegiatan pemberdayaan berbasis lifeskill di Ledhok Timoho telah memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat Ledhok Timoho, yakni diantaranya peningkatan pada sektor pada kemajuan ekonomi seperti bertambahnya modal usaha, tersedianya lapangan kerja dan pasar, serta peningkatan pada sosial-budaya dengan ditampung dan disusunnya program jangka panjang dan kreativitas budaya masyarakat Ledhok Timoho.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto. S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Anak PAUD dan TK, Sekolah Kreatif dan Inovatif.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Feb 2016 09:12
Last Modified: 17 Feb 2016 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum