EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

RABBANI ISCHAK, NIM. 11600039 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan teknik mind map daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa; 2) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa; 3) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan teknik mind map daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Dua variabel bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran MMP dengan teknik mind map pada kelompok eksperimen 1 dan model pembelajaran MMP pada kelompok eksperimen 2. Variabel terikat dalam penelitian ini berupa kemampuan pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta yang berjumlah 191 siswa. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah instrumen pretest dan posttest pemahaman relasional, yang kemudian dianalisis menggunakan One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan teknik mind map lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan teknik mind map tidak lebih efektif daripada pembelajaran matematika menngunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project (MMP), Mind map, Pemahaman Relasional
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Feb 2016 09:22
Last Modified: 18 Feb 2016 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum