ILTIZAM AL SHA'IR KUTHAYYIR AZZAH FI ISTIKHDAM AL BUHUR WA AL ABYAT (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH FI DIWANIHI)

SRI HANDAYANI, NIM. 11110077 (2016) ILTIZAM AL SHA'IR KUTHAYYIR AZZAH FI ISTIKHDAM AL BUHUR WA AL ABYAT (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH FI DIWANIHI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ILTIZAM AL SHA'IR KUTHAYYIR AZZAH FI ISTIKHDAM AL BUHUR WA AL ABYAT (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH FI DIWANIHI))
11110077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ILTIZAM AL SHA'IR KUTHAYYIR AZZAH FI ISTIKHDAM AL BUHUR WA AL ABYAT (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ARUDIYYAH FI DIWANIHI))
11110077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Antologi puisi Kutsayyir ‘Azzah merupakan salah satu antologi pada masa Bani Umayyah. Karya sastra puisi klasik ini disusun oleh Kutsayyir ‘Azzah berasal dari Hijaz. Nama belakang penyair diambil dari nama kekasihnya yaitu ‘Azzah. Sebagai bentuk penggambaran perasaan cinta kepada seorang wanita yang dicintainya, Kutsayyir menuangkan isi hatinya ke dalam karya sastra yaitu puisi. Tidak semua puisinya berisi percintaan, tetapi juga memuat tentang pujian dan sindiran terhadap pemerintah pada masanya. Penelitian ini mengkaji tentang konsistensi penggunaan bait dan baḥr pada puisi-puisi yang terdapat dalam diwan Kutsayyir ‘Azzah, dengan tujuan mengetahui baḥr-baḥr serta perubahan yang terjadi dalam wazan-wazan puisinya yang berupa zihāf dan ‘illat, mengetahui bait-bait digunakan, dan mengetahui bagaimana konsistensi penyair dalam menggunakan macam-macam baḥr dan bait, apakah terlepas dari kaidah yang ditentukan atau tidak. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka atau library research dimana menelaah sesuai dengan pokok bahasan. Hasil penelitian pada puisi-puisi yang terkumpul dalam dīwān Kutsayyir ‘Azzah ditemukan sebanyak 1842 bait terdiri dari 76 qasīdah, 40 qit’ah, 16 nutfah, dan 1 mufrad. Dalam dīwānnya ditemukan 9 baḥr, di antaranya yaitu, baḥr ṭawīl, basīṭ, wāfir, kāmil, rajaz, sarī, munsarih, khafīf, dan mutaqārib. Terdapat 5 zihāf yaitu, qabḍ pada baḥr ṭawīl dan baḥr mutaqārib,‘uṣbu pada baḥr wafir, khabn pada baḥr basīṭ, baḥr rajaz, baḥr khafīf, baḥr munsarih, dan baḥr sarī, ṭay pada baḥr basīṭ, baḥr rajaz, baḥr munsarih, dan baḥr sarī, dan iḍmār pada baḥr kāmil. ‘Illatnya ada 6 yaitu, hażf pada baḥr ṭawīl dan baḥr mutaqārib, qaṭf pada baḥr wāfir, qaṭaʻ pada baḥr kāmil, kharm pada baḥr ṭawīl, baḥr mutaqārib, dan baḥr wāfir, dan tasyʻiṡ pada baḥr khafīf, dan hażaż pada baḥr kāmil. Adapun macam-macam bait yang digunakan yaitu, bait tām, masyṭūr, muṣmat, muqaffā, muṣarraʻ, faṣal, gāyah, mudawwar, maufūr, sālim, shahīh, muʻarrā, muʻqad, dan yatīm/mufrad. Penyair konsisten dalam menggunakan baḥr-baḥr dan bait-bait dalam dīwānnya kecuali pada baḥr rajaz dan bait masyṭūr. Pada baḥr rajaz penyair menggunakan beberapa huruf rawi dalam 2 judul puisinya sehingga menimbulkan bunyi yang berbeda-beda pada setiap bait puisinya, ini dinamakan muzdawaj dalam tanawu’ al-qawāfi karena setiap satu syatr memiliki qāfiyah yang sama, dengan perbedaan qāfiyahnya maka kesatuan judulnya terlihat. Kemudian pada bait masyṭūr penyair menggunakan baḥr ṭawīl masyṭūr pada bait puisinya, ini merupakan sebuah kreativitas dari penyair Kutsayyir yang tidak biasa dilakukan oleh para penyair pada umumnya dalam baḥr tersebut. Adapun, perubahan yang terjadi di dalam keduanya masih terikat dengan kaidah ‘Arūd. Dengan demikian, penggunaan seluruh baḥr dan bait dalam dīwān Kutsayyir ‘Azzah masih mengikuti aturan sebagaimana dalam puisi multazim atau puisi tradisional. Kata kunci: Puisi, Kutsayyir ‘Azzah, ‘Arūd

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Patah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Puisi, Kutsayyir ‘Azzah, ‘Arūd
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Feb 2016 14:14
Last Modified: 25 Feb 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum