SOLIDARITAS DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAJELIS ALUKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

MUH. RIDWAN FAUZI, NIM. 11540048 (2015) SOLIDARITAS DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAJELIS ALUKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SOLIDARITAS DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAJELIS ALUKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11540048_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SOLIDARITAS DAN BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAJELIS ALUKHUWWAH LÎ AT-TA’LÎM WAL-MUDZAKARAH DI DUSUN TAJEM DESA MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
11540048_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Majelis Al-Ukhuwwah Lî At-Ta‟lîm Wal-Mudzakarah adalah sebuah komunitas yang berada di dusun Tajem, Maguwoharjo. Komunitas ini merupakan komunitas dakwah Islam yang dalam gerak dakwahnya memadukan unsur kebudayaan seni musik tradisional dan kesenian-kesenian Islam. Individu-individu maupun kelompok-kelompok yang terlibat dalam majelis ini terdiri dari kalangan santri, mahasiswa dan masyarakat umum. Komunitas ini juga dikenal sebagai majelis perseduluran (persaudaraan). Sehingga penulis tertarik untuk mengangkat persoalan solidaritas dan bentuk interaksi sosial dalam Majelis Al-Ukhuwwah Lî At-Ta‟lîm Wal-Mudzakarah. Dalam skripsi ini penulis menggunakan teori solidaritas sosial Emile Durkheim dan interaksi sosial dari Kimball Young. Metode penelitian skripsi ini adalah field research, yaitu sebuah penelitian dengan data yang diperoleh dari lapangan melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang telah terkumpul menggunakan metode deskriptif dan penjelasan, yaitu teknik analisis data yang dilakukan dengan cara memisahkan tiap bagian proses dari kejadian sosial atau kebudayaan yang diteliti. Penyusun menggunakan pendekatan sosiologis, yaitu pendekatan yang berlandaskan penilaian masyarakat terhadap sebuah fenomena sosial, dalam hal ini yakni melihat seberapa jauh pengaruh majelis ini terhadap kehidupan sosial individu yang terlibat didalamnya. Data tersebut akan dikelompokkan dan dicocokkan, kemudian diberikan interpretasi secukupnya, sehingga akan ditemukan sebuah jawaban dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam Majelis Al-Ukhuwwah Lî At-Ta‟lîm Wal-Mudzakarah melalui teori dan metode diatas, ditemukan bahwa solidaritas dalam majelis ini adalah solidaritas sosial mekanik, yaitu solidaritas yang terbentuk oleh kesadaran kolektif individu-individu maupun kelompok yang terlibat didalam majelis ini. Dan bentuk interaksi sosial didalamnya adalah bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yaitu interaksi yang terjadi antar individu maupun kelompok dalam majelis ini berupa kerja sama dan akomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, majelis al ukhuwwah lî at-ta’lîm wal-mudzakarah,
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Feb 2016 13:07
Last Modified: 26 Feb 2016 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum