KONSTRUKSI GENDER DALAM INFOTAINMENT RELIGI DI TRANS MEDIA (KAJIAN MEDIA TERHADAP BERITA ISLAMI MASA KINI DAN KHAZANAH)

AHMAD DAWAM PRATIKNYO, NIM. 11540074 (2015) KONSTRUKSI GENDER DALAM INFOTAINMENT RELIGI DI TRANS MEDIA (KAJIAN MEDIA TERHADAP BERITA ISLAMI MASA KINI DAN KHAZANAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI GENDER DALAM INFOTAINMENT RELIGI DI TRANS MEDIA (KAJIAN MEDIA TERHADAP BERITA ISLAMI MASA KINI DAN KHAZANAH))
11540074_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI GENDER DALAM INFOTAINMENT RELIGI DI TRANS MEDIA (KAJIAN MEDIA TERHADAP BERITA ISLAMI MASA KINI DAN KHAZANAH))
11540074_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi selain sebagai media pembelajaran bagi masyarakat luas, juga berperan sebagai lembaga yang dapat mengkonstruk masyarakat lewat tayangantayangan. Mulai dari cara berbicara, cara berpikir, bahkan sampai cara bertingkah laku, seperti pada program acara infotainment religi di Trans Media, yaitu Berita Islami Masa Kini dan Khazanah. Konstruksi yang ada di dalam Berita Islami Masa Kini dan Khazanah merupakan konstruksi yang berupaya menyamakan kedudukan antara laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, konstruksi yang dibangun dalam infotainment religi tersebut memberikan ketidakadilan gender di dalamnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang bagaimana konstruksi gender dan factor penyebab kosntruksi gender dalam tayangan Berita Islami Masa Kini dan Khazanah. Metodologi penelitian ini menggunakan library research, dengan data primer yakni tayangan infotainment religi serta data pendukung yang diperoleh dari website. Sementara itu, untuk melakukan kajian media ini digunakan analisis wacana sebagai alat analisisnya. Dalam melakukan proses analisis, penelitian menggunakan teori analisis wacana van Dijk dengan lima belas elemen yang dimilikinya untuk mengetahui struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Sementara untuk mengetahui bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam Berita Islami Masa Kini dan Khazanah peneliti menggunakan analisis gender Mansour Fakih tentang bentuk-bentuk ketidakadilan gender, yakni marginalisasi, subordinasi, kekerasan, stereotipe, dan beban ganda. Hasil kajian pada obyek tersebut terdapat tiga faktor penyebab yang mempengaruhi konstruksi gender pada ulasan agama tersebut. Faktor tersebut diantaranya terdapat pada kondisi sosial keagamaan di masyarakat Indonesia yang beragama Islam, yakni (i) masih adanya dominasi maskulin terhadap penafsiran sumber agama; (ii) kuasa media terhadap konstruksi gender dalam masyarakat; (iii) budaya masyarakat yang masih konsumtif, sehingga menciptakan peluang bagi para kapitalis untuk memproduksi tayangan tersebut; (iv) spirit kapitalisme masyarakat modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adib Sofia, S. S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Analisis Media, Ketidakadilan Gender.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Feb 2016 14:23
Last Modified: 26 Feb 2016 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum