TANGGAPAN ANAK ASUH TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK “BUDHI BAKTI” KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

HERU DWI HERBOWO, NIM 11250077 (2015) TANGGAPAN ANAK ASUH TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK “BUDHI BAKTI” KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANGGAPAN ANAK ASUH TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK “BUDHI BAKTI” KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
11250077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TANGGAPAN ANAK ASUH TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK “BUDHI BAKTI” KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
11250077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Anak merupakan anugerah dan amanah dari Allah SWT yang wajib dirawat dan dilindungi dengan baik, karena dalam diri mereka melekat harkat, martabat, dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dimasa yang akan datang, hal tersebut tergantung pada situasi dan kondisi anak saat ini. Oleh karena itu, anak memiliki posisi dan peran yang sangat strategis bagi kelangsungan bangsa dan negara. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tanggapan anak asuh terhadap pelayanan sosial di Panti Sosial Asuhan Anak Budi Bhakti Wonosari Gunung Kidul ?, yang dinilai dalam bentuk pernyataan sangat puas, puas, kurang puas, tidak puas. penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tanggapan anak asuh terhadap pelayanan sosial di Panti Sosial Asuhan Anak „Budi Bhakti‟ Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu suatu metode penelitian dalam mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas, dan mendalam. Adapun tujuannya adalah untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, situasi, atau fenomena realitas yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian, dan berupaya menarik realitas itu ke permukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda, atau gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena tertentu.43 Adapun situasi dan kondisi yang digambarkan dalam penelitian ini adalah tentang pelayanan sosial yang meliputi : pelayanan fisik (sandang, pangan, kesehatan dan papan), pelayanan bimbingan sosial (bimbingan norma etika dan budi pekerti), pelayanan bimbingan mental (ceramah agama dan pengajian), serta pelayanan keterampilan (menari dan musik). Peneliti menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Method), yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data) dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahapan proses penelitian.44 Menurut Creswell yang dikutip dari buku Sugiyono, mixed method merupakan sebuah pendekatan dalam penelitian yang mengkombinasikanatau menghubungkan antrara metode penelitian kuantitatf dan kaulitatif. Hal ini mencangkup landasan filosofis, penggunaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan mengkombinasikan kedua pendekatan dalam penelitian.45 Intinya adalah untuk menyatukan data kuantitatif dan data kualitatif agar memperoleh analisis yang lebih lengkap. Dalam pemenuhan kebutuhan fisik khususnya papan, yang dirasakan kurang oleh sebagian besar anak asuh adalah mengenai jumlah anak yang berada di dalam satu kamar/asrama terlalu banyak. Pada umumnya, satu kamar/asrama dihuni oleh 6-8 anak asuh. Jumlah anak asuh yang terlalu banyak dalam satu kamar akan menyebabkan anak asuh tidak memiliki ruang yang cukup luas dan leluasa untuk melakukan kegiatan pribadinya. Anak asuh membutuhkan kamar yang dapat digunakan untuk kegiatan keseharian seperti belajar, istirahat, bermain, bersantai, mengobrol dengan teman dan menyimpan barangbarang keperluan pribadi. Dalam pelayanan pendidikan, yang dirasa kurang oleh responden adalah kelengkapan buku di perpustakaan panti. dimana sebagian besar anak asuh menyatakan bahwa kelengkapan buku di perpustakaan panti kurang lengkap. Kurang lengkapnya koleksi buku di perpustakaan menyebabkan anak asuh akan kesulitan dalam belajar, menyelesaikan tugas sekolah atau mencari informasi yang dibutuhkan oleh anak. Dalam pelaksanaan bimbingan sosial, hasil penelitian menunjukkan adanya tindakan pengasuh atau pengasuhan dimana terdapat tindakan memarahi bahkan memukul anak asuh jika mendapati anak asuh yang melakukan pelanggaran, khususnya pelanggaran berat. Anak asuh membutuhkan tindakan pengasuh yang mendidik jika ada yang melakukan pelanggaran, memarahi dan memukul bukan merupakan hal yang mendidik. Hal tersebut justru akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap psikologi anak, seperti timbul rasa benci dan dendam pada anak terhadap orangtua (pengasuh) sehingga menghambat kualitas hubungan orangtua-anak, serta anak akan menjauhi atau memberontak orangtua (pengasuh). Jika anak asuh melakukan kesalahan, orangtua (pengasuh) hendaknya memberitahu bahwa tindakan tersebut tidak benar dengan kata- kata atau bahasa tubuh tanpa dikendalikan oleh emosi, kemudian memberitahu tindakan yang benar atau sebaiknya anak asuh lakukan.Masalah mengenai tindakan pengasuh (pengasuhan) yang memarahi dan memukul responden ketika melakukan pelanggaran merupakan hal yang akan menjadi fokus dalam penanganan masalah. Masalah tersebut sesuai dengan ranah dan kemampuan pekerja sosial. Sedangkan masalah yang lain, yaitu mengenai sarana dan prasarana, dapat ditangani oleh profesi lain atau bahkan oleh panti itu sendiri Kata kunci: anak asuh, pelayanan sosial,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: anak asuh, pelayanan sosial,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 14:14
Last Modified: 01 Mar 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum