IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENENTUKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( STUDI PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA)

MUSLIM AMIRUDIN, NIM 11240089 (2016) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENENTUKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( STUDI PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENENTUKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( STUDI PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA))
11240089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENENTUKAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN ( STUDI PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA))
11240089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan merupakan sebuah unsur yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup dari suatu bank. Dalam proses pemberian pembiayaan kepada nasabah, pihak bank tentunya memerlukan adanya suatu pertimbanganpertimbangan yang sangat matang sebelum memutuskan untuk memberikan pembiayaan kepada calon nasabah yang mengajukan permohonan pembiayaan kepada bank agar kepercayaan yang merupakan sebuah unsur utama dalam pembiayaan dapat benar-benar terwujud sehingga pembiayaan yang diberikan mampu mengenai sasaran serta terjaminnya pengembalian dana pembiayaan tersebut tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara kedua belak pihak. Adapun metode penelitian yang penyusun lakukan, yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif, hal ini melihat banyaknya sumber yang harus diteliti di lapangan, dan memungkinkan oleh penyusun agar lebih menambah wawasan, serta pengalaman pada dunia perbankan, khususnya di BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini mengacu pada konsep dan aplikasi sebuah perusahaan, di mana pada akhirnya akan menjadi rekomendasi BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta dalam merealisasikannya menjadi sebuah perbankan syariah yang lebih maju dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip pembiayaan pada BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada direktur, staff marketing BPRS Bangun Drajat Warga, serta nasabahnya. Observasi yang dilakukan adalah dengan observasi partisipan guna memperoleh gambaran di lapangan tentang penerapan prinsipprinsip pembiayaan. Dan dokumentasi diperoleh dari buku, foto, catatan dan lain sebagainya yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian secara garis besar, bahwa BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta dalam proses menentukan layak atau tidaknya calon nasabah yang mengajukan pembiayaan ke BPRS Bangun Drajat Warga dalam implementasinya lebih menitik beratkan pada aspek character, capacity, collateral. *Kata Kunci: 5C, Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: 5C, Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of Economy.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2016 10:12
Last Modified: 02 Mar 2016 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum