EVALUASI MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+®

DANIEL PANDAPOTAN, S.SOS., NIM. 1120011003 (2015) EVALUASI MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+®. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+®)
1120011003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL+®)
1120011003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Orientasi layanan perpustakaan yang baik adalah yang berpihak kepada kepentingan pemustakanya. Ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan pemustakanya. Kepuasan pemustaka dicapai apabila pemustaka memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Menurut data statitsik jumlah pengunjung diperpustakaan mulai tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 didapatkan informasi bahwa justru terjadi trend penurunan jumlah pengunjung ke perpustakaan setelah berpindah menempati gedung yang baru. Investasi besar yang dikeluarkan yakni dengan membangun gedung baru perpustakaan belum diimbangi dengan pemanfaatan perpustakaan secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus secara deskriptif di Perpustakaan Universitas Ma Chung di Kabupaten Malang yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori LibQUAL+®. Informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive. Untuk memperoleh hasil penelitian yang tidak lagi abstrak dan kompleks maka penulis menggunakan skala likert untuk mengukur jumlah skor mutu layanan perpustakaan menurut pendapat pemustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Persepsi pemustaka terhadap mutu layanan pada dimensi Affect of Service adalah kurang bagus. Sikap petugas yang kurang baik, kesopanan dan keramahan petugas belum konsisten, petugas masih belum bisa memberikan solusi kepada pemustakanya, dan kemampuan petugas masih rendah terutama dalam aspek wawasan dan pengetahuannya dalam bidang perpustakaan. 2. Persepsi pemustaka terhadap mutu layanan pada dimensi Information Control adalah kurang bagus dan memerlukan perbaikan. Kejelasan petunjuk dalam menggunakan website perpustakaan masih dianggap kurang bagus, persepsi pemustaka pada aspek bimbingan penelusuran informasi di perpustakaan masih kurang bagus. Yang tak kalah pentingnya adalah lemahnya sistem ketersediaan koleksi yang lengkap dan cepat di perpustakaan. 3. Persepsi pemustaka terhadap mutu layanan pada dimensi Library as Place cukup baik dengan indikator suasana dan fasilitas di perpustakaan serta lokasi perpustakaan yang strategis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar kebijakan dalam perbaikan dan pengembangan mutu layanan di Perpustakaan Universitas Ma Chung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ibu Rof’ah, BSW., M.A., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Mutu Layanan, LibQUAL+®, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Kepuasan Pemustaka.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Mar 2016 14:30
Last Modified: 02 Mar 2016 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum