RENEGOSIASI KONTRAK KARYA PT FREEPORT DALAM BINGKAI SURAT KABAR (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Berita Harian Kompas Bulan Januari 2015)

A. NUR FUADI, NIM: 11730015 (2015) RENEGOSIASI KONTRAK KARYA PT FREEPORT DALAM BINGKAI SURAT KABAR (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Berita Harian Kompas Bulan Januari 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RENEGOSIASI KONTRAK KARYA PT FREEPORT DALAM BINGKAI SURAT KABAR (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Berita Harian Kompas Bulan Januari 2015))
11730015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RENEGOSIASI KONTRAK KARYA PT FREEPORT DALAM BINGKAI SURAT KABAR (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Berita Harian Kompas Bulan Januari 2015))
11730015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Berita tentang renegosiasi kontrak karya antara PT Freeport Indonesia dan Pemerintah Indonesia menjadi persoalan yang menarik, karena menyangkut kontribusi PT Freeport yang lebih besar kepada Pemerintah Indonesia. Surat Kabar Harian Kompas, merupakan salah satu media cetak nasional yang memberitakan renegosiasi kontrak karya kedua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan frame bagaimana Surat Kabar Harian Kompas membingkai pemberitaan seputar renegosiasi kontrak karya PT Freeport Indonesia periode 21 sampai 27 Januari 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky sebagai metode analisis. Model framing tersebut menyatakan bahwa perangkat framing terdiri dari empat struktur, yakni sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa Surat Kabar Harian Kompas lebih banyak membingkai tentang ketegasan Pemerintah Indonesia dalam proses renegosiasi. Sementara PT Freeport dibingkai tidak menunjukkan kemajuan dalam renegosiasi. Model negosiasi yang digunakan adalah negosiasi integratif atau kooperatif. Kata Kunci: Analisis Framing, Berita, Renegosiasi, PT Freeport.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alip Kunandar, S.Sos., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Berita, Renegosiasi, PT Freeport.
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2016 14:31
Last Modified: 02 Mar 2016 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum