BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI ANAK (STUDI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA)AL-FADLILLAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)

DIDIN KOMARUDIN, NIM. 11220007 (2015) BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI ANAK (STUDI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA)AL-FADLILLAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI ANAK (STUDI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA)AL-FADLILLAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
11220007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI ANAK (STUDI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA)AL-FADLILLAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
11220007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak adalah anugerah dari Allah SWT yang sejak lahir membawa fitrah keagamaan yang harus dikembangkan agar kelak menjadi manusia yang mampu melaksanakan perintah agama akan kokoh dengan nilai-nilai aqidah, taat menjalankan ibadah, dan mampu berakhlakul karimah. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dan materi bimbingan keagamaan anak yang meliputi ketauhidan/keimanan, ibadah dan akhlak di TPA Al-Fadlillah Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan), wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Subjek penelitian ini antara lain adalah pengurus TPA Al-Fadlillah sebanyak 7 orang, guru/pembimbing TPA Al-Fadlillah sebanyak 7 orang, dan anak didik di TPA Al-Fadlillah sebanyak 20 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah metode, dan materi bimbingan keagamaan anak yang meliputi ketauhidan/keimanan, ibadah, dan akhlak. Hasil penelitiannya pertama berupa metode yang digunakan TPA Al- Fadlillah dalam menerapkan bimbingan keagamaan yaitu metode (1). kelompok/klasikal terdiri dari metode ceramah, Tanya jawab dan cerita/kisah, (2). Metode Individual yang meliputi nasiahat, keteladanan, pujian, hukuman dan hadiah, dan pembiasaan. Kedua materi bimbingan keagamaan (1). Ketauhidan/keimanan, yaitu penanaman nilai-nilai rukun iman dan rukun Islam. (2). Ibadah, yaitu bimbingan wudhu, adzan dan iqomah, shalat, dzikir dan do’a, baca tulis Al-Qur’an dan infaq. (3) Akhlak yang meliputi memberi dan menjawab salam, bersalaman, membiasakan selalu bersyukur, membiasakan etika makan dan minum, menanamkan sikap tanggung jawab, menanamkan sikap tolong menolong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunas, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, dan materi bimbingan keagamaan anak
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Mar 2016 11:28
Last Modified: 03 Mar 2016 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum