IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN

LUTFI MUFTI ATI, NIM. 11410019 (2016) IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN)
11410019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEBUMEN)
11410019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

LUTFI MUFTI ATI. Implementasi Sistem Kredit Semester dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Di SMA Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia baik jenjang pendidikan dasar maupun menengah saat ini masih menggunakan sistem paket, dimana setiap peserta didik mendapatkan porsi yang sama dalam menempuh pembelajaran sesuai yang ditentukan oleh sekolah. Hal ini dirasa kurang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi SKS yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kebumen, mendeskripsikan dampak dari implementasi SKS ini terhadap pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X, dan mendeskripsikan hasil belajar kognitif PAI dan Budi Pekerti dalam implementasi SKS kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implentasi SKS bagi sekolah adalah merubah struktur kurikulum reguler menjadi berbasis SKS, menentukan beban belajar, menyusun jadwal pelajaran dengan pola on and off, dan menentukan mata pelajaran bagi peserta didik pada setiap semesternya. Implementasi SKS bagi guru adalah memodifikasi silabus menjadi silabus serial mata pelajaran, membuat RPP, mengolah dan menginput nilai, bagi guru pembimbing akademik memberikan bimbingan peserta didik, dan menjalin komunikasi dengan BK serta orang tua peserta didik. Implementasi SKS bagi peserta didik adalah mengikuti program 3 tahun bagi peserta didik reguler atau program 2 tahun bagi peserta didik SCI, melakukan registrasi akdemik pada setiap semester, dan menyelesaikan 130 sks. (2) Dampak implementasi SKS terhadap Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah tambahan alokasi waktu untuk pembelajaran, Silabus mata pelajaran menjadi dua jenis, Materi pelajaran yang didapat setiap kelas berbeda akibat dari pola penjadwalan on and off. Materi menjadi tidak runtut karena belum ada buku pelajaran berbasis SKS. Guru mengadakan semester pendek bagi peserta didik yang belum mencapai KKM setelah akumulasi nilai. (3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam implementasi SKS sudah baik berdasar pada KKM PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sistem Kredit Semester, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, SMA Negeri 1 kebumen
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 09:42
Last Modified: 11 Mar 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum