PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIX INDEX (JII) PERIODE 2010-2014

NUR SHOLICHAH, NIM. 11390054 (2016) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIX INDEX (JII) PERIODE 2010-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIX INDEX (JII) PERIODE 2010-2014)
11390054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIX INDEX (JII) PERIODE 2010-2014)
11390054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skandal akuntansi merupakan suatu tindakan yang bersangkutan dengan keahlian dalam memanipulasi laporan keuangan. Tindakan tersebut menimbulkan informasi laba yang diberikan menjadi tidak benar dan dampaknya dapat menyesatkan para pengguna dalam mengambil keputusan. Informasi laba merupakan unsur utama dalam laporan keuangan dan sangat penting bagi pihakpihak yang menggunakannya karena memiliki nilai prediktif. Laba yang berkualitas adalah laba yang dapat mencerminkan kinerja keuangan perusahaan yang sebenarnya dengan sedikit atau tidak dipengaruhi oleh manajemen laba yang disebabkan dari penerapan konsep akrual dalam akuntansi. Laba yang berkualitas begitu penting bagi penggunanya karena digunakan untuk membuat berbagai keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, Investment Opportunity Set (IOS), dan corporate governance terhadap kualitas laba. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2010-2014. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 20. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Laporan keuangan perusahaan diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan ICMD. Untuk membuktikan penelitian ini ada pengaruh atau tidak antara variabel independen dengan variabel dependen, peneliti menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa variasi discretionary accrual yang dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini sebesar 20,7%. Sedangkan sisanya 79,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Uji statistik dan analisis pembahasan menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial yang merupakan bagian dari mekanisme corporate governance terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan komite audit, komisaris independen, dan kepemilikan institusional tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Variabel lain yaitu ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan IOS tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laba, Ukuran Perusahaan, Investment Opportunity Set (IOS), Corporate Governance.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:34
Last Modified: 07 Mar 2016 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum