PENGARUH INDEKS BURSA GLOBAL TERHADAP INDONESIA SHARIA STOCK INDEX

FADILLAH NOR LAILA, NIM. 11390080 (2016) PENGARUH INDEKS BURSA GLOBAL TERHADAP INDONESIA SHARIA STOCK INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INDEKS BURSA GLOBAL TERHADAP INDONESIA SHARIA STOCK INDEX)
11390080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INDEKS BURSA GLOBAL TERHADAP INDONESIA SHARIA STOCK INDEX)
11390080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keadaan perekonomian suatu negara sering tercermin dalam indeks bursa saham negara tersebut. Kondisi perekonomian satu negara dengan negara lain saling berhubungan karena adanya hubungan bisnis, sosial dan politik antara dua atau lebih negara. Keadaan ekonomi negara maju memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian negara-negara berkembang. Sehingga bursa saham negara maju seperti DJIMI, FTSE 100 dan Hang Seng dapat mempengaruhi pergerakan indeks harga saham bursa Indonesia atau ISSI. Keadaan ekonomi suatu negara dengan negara lain dalam satu kawasan juga saling berhubungan karena adanya kerjasama-kerjasama bisnis, politik sosial dan budaya. Sehingga pergerakan bursa saham seperti KLSE dan STI seringkali mempengaruhi indeks harga saham ISSI. ISSI adalah indeks yang mencerminkan pergerakan sahamsaham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang dikeluarkan oleh OJK. Indeks ini dapat dijadikan acuan bagi investor untuk berinvestas saham yang berbasis syariah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh indeks bursa saham global (DJIMI, FTSE 100, Hang Seng, KLSE, dan STI) terhadap indeks bursa saham syariah Indonesia (ISSI). Periode penelitian dilakukan pada bulan Januari 2013 sampai dengan Desember 2014 menggunakan data historis indeks bursa saham harian. Metode penelitian sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel DJIMI, FTSE 100, Hang Seng, KLSE, dan STI berpengaruh signifikan terhadap ISSI. Secara parsial (Uji T) menunjukkan bahwa variabel DJIMI, KLSE, STI berpengaruh positif signifikan terhadap ISSI. Sedangkan FTSE 100 dan Hang Seng berpengaruh negatif signifikan terhadap ISSI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Contagion Effect, Dow Jones Islamic Market Index (DJIMI), The Financial Times Stock Exchange (FTSE 100), Hang Seng Index, Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE), Strait Times Index (STI), Indonesia Sharia Stock Index (ISSI).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:35
Last Modified: 07 Mar 2016 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum